Minggu, 19 Juni 2016

AMALAN CARA CEPAT HAFAL AL-QUR’AN



cara cepat bisa menghafal al-qur'an
Oleh: H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy

Di antara ulama yang mendapat ilmu Laduni adalah Imam Muhammad Bin Saib al-Kalbiy beserta anak beliau bernama Imam Hamzah al-Kalbiy.
Imam Hisyam Bin Muhammad al-Kalbiy (wafat tahun 204 Hijriyah) rahimahullah berkata: Diwaktu waktu kecil, aku termasuk bocah yang mengalami kesulitan untuk membaca dan menghafal al-Qur'an. Di saat kecilpun aku sering lengotan (pelupa). Berbeda dengan ayahku Imam Muhammab Bin Saib al-Kalbiy (wafat tahun 146 Hijriyah) yang berhasil menghafal al-Qur'an dalam waktu 7 hari.
Ayahku berkata; Aku punya anak bernama Hisyam, aku ingin sekali ia menjadi Hamilul Qur'an (penghafal al-Qur'an) tetapi rasa-rasanya jangankan menghafalkannya, membaca al-Qur'an pun ia sulit bila dibandingkan bocah-bocah lain seusianya.
Hingga ayahku pada satu malam bermimpi bertemu seseorang berwajah tampan bercahaya dan memakai pakaian putih berkata; Bila kau ingin anakmu dengan mudah membaca dan cepat menghafal al-Qur'an maka hendaknya kau tulis di sebuah piring atau nampan yang bersih ayat berikut;

@ Surat ar-Rahman ayat 1-6;
بسم الله الرحمن الرحيم
  الرَّحْمَنُ (١)  عَلَّمَ الْقُرْآنَ (٢)خَلَقَ الإنْسَانَ (٣) عَلَّمَهُ الْبَيَانَ (٤) الشَّمْسُ وَالْقَمَرُ بِحُسْبَانٍ (٥) وَالنَّجْمُ وَالشَّجَرُ يَسْجُدَانِ (٦)

@ Surat Al-Qiyamah ayat; 16-19;

لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ (16) إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ (17) فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ (18 ) ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا بَيَانَهُ (19)

@ Surat Al-Buruj ayat 21-22:
بل هُوَ قُرْآنٌ مَجِيدٌ (٢١) فِي لَوْحٍ مَحْفُوظٍ (٢٢
Setelah kau tulis ayat-ayat tersebut di piring atau nampan, tuanglah air zamzam ke piring lalu kau goyang-goyangkan piring itu sekira air zamzam menghapus tulisan ayat-ayat tadi kemudian minumkan anakmu, maka dia akan pandai membaca dan cepat menghafal Al-Qur'an serta memiliki daya ingat yang kuat untuk menghafal pelajaran apapun.

Setelah ayahku bangun dari tidurnya di mana kala itu sebelum waktu shubuh dan ketika selesai shalat shubuh ayahku mengamalkan kaifiat yang ia dapatkan dari mimpinya sehingga diriku mahir membaca dan menghafal al-Qur'an serta pelajaran lainnya bahkan aku menjadi salah satu ulama yang memiliki banyak karya dan menjadi rujukan di zamannya.

Adapun sanad muttashil (bersambung) kepada imam Hisyam bin Muhammad saib al-Kalbiy rahimahullah sebagai berikut:

الحاج رزقي ذو القرنين البتاوي عن الحبيب العلامة المعمر السيد احمد بن ابي بكر بن احمد الحبشي عن الشيخ عمر حمدان المحرسي عن الشيخ فالح بن محمد الظاهري عن الشيخ محمد علي الخطاب السنوسي عن السيد محمد مرتضى الزبيدي عن شمس الدين محمد بن سالم الحفني عن الشيخ عبد العزيز الزيادي عن شمس الدين محمد بن العلاء البابلي عن الشيخ سالم بن محمد السنهوري عن نجم الدين محمد بن احمد الغيطي عن القاضي زكريا الانصاري عن الحافظ احمد بن علي بن حجر العسقلاني عن الشيخ ابي الفرج عن الشيخ يونس بن ابي اسحاق عن ابي الحسن المقير عن ابي الفتح بن البطي عن ابي عبد الله محمد بن فتوح الحميدي عن الحافظ ابي محمد علي بن احمد بن سعيد ابن حزم عن ابي عمر احمد بن محمد بن الجسور عن ابي بكر احمد بن الفضل بن عباس الدينوري عن الامام ابي جعفر محمد بن جرير الطبري عن الامام هشام بن محمد بن السائب الكلبي عن والده رضي الله عنه

Cara menulis ayat-ayat di atas di piring bisa menggunakan pulpen yang biasanya dipakai para pembuat wafaq kemudian di isi pewarna makanan yang aman di konsumsi.

Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.

2 komentar:

  1. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus