Sabtu, 13 April 2019

11 Destinasi Wisata Gratis Di Jakarta

Wisata gratis di Jakarta.? Memangnya ada.? Kan, tidak ada yang gratis di Jakarta. Makan, minum bahkan sekadar buang air kecil mau pun besar, semua ada harganya. Jika kamu beranggapan demikian, berarti kamu belum mengenal Jakarta secara keseluruhan. Banyak Wisata di Indonesia yang wajib kamu kunjungi.

Jakarta identik dengan kesibukan dan hiruk pikuk keramaian. Untuk menghilangkan stres dan kepenatan, biasanya penduduk ibukota ramai-ramai berlibur ke luar kota saat akhir pekan.

Tengok saja Puncak dan Bandung. Deretan mobil berpelat nomor B kerap berduyun. Alhasil, kemacetan parah tak bisa dihindari.

Namun sekarang, mindset hanya bisa berlibur di luar ibukota sebaiknya mulai diubah. Liburan tak melulu harus ke luar kota. Kota Batavia ternyata punya obyek wisata menarik yang menawarkan ketenangan.

Faktanya, tidak sedikit hal-hal yang bisa didapatkan dengan murah, bahkan cuma-cuma alias gratis. Hal ini juga berlaku untuk wisata di Jakarta, lho. Yup, meski untuk masuk ke Taman Mini Indonesia Indah, atau Ancol dan Dufan, kamu harus mengeluarkan uang untuk bisa sekadar masuk ke lokasi, ada sejumlah tempat wisata di Jakarta, di mana kamu bisa masuk dan bersenang-senang di dalamnya tanpa harus membayar biaya untuk tiket masuk.

Tertarik liburan dan wisata gratis di Jakarta bersama anggota keluarga atau teman-teman kamu di akhir pekan ini, simak daftar sejumlah tempat yang asyik.

1. Kembali ke masa lalu - Kota Tua Jakarta
Siapa yang tidak tahu Kota Tua Jakarta. Banyak wisata asyik di sana dan pas bagi kamu yang ingin merasakan sensasi ke masa lalu, ke era kolonial, di kala Jakarta masih bernama Batavia.

Bagi penggemar selfie, Kota Tua Jakarta memiliki banyak spot atraktif dan pas untuk dijadikan latar swafoto kamu. Kesan jadul juga bisa kamu dapatkan apabila menyewa wardrobe yang pas dan mendukung, dan untuk yang ini kamu harus bayar ya.

2. Rumah Akar Kota Tua Jakarta
 
Siapa sangka di tengah keramaian hiruk pikuk Jakarta, ada sebuah  tempat wisata kekinian yang begitu unik dan menarik perhatian. Kali ini, Kania ingin mengajak anda untuk mengintip uniknya Rumah Akar Kota Tua yang berada di Kota Tua Jakarta Pusat.

Berlokasi tidak jauh dari Museum Fatahillah atau sekitar 7 menit berjalan kaki, Rumah Akar Kota Tua menyisakan  banyak eksotisme, daya tarik, dan cerita yang bakal bikin kamu berdecak kagum. Yuk kita sambangi Rumah Akar Kota Tua bareng!
Berlokasi tak jauh dari Museum Fatahillah yang terkenal sebagai spot cantik untuk foto-foto, rumah akar sebenarnya juga menarik untuk spot foto-foto juga. Tak hanya itu, Anda bisa menonjolkan masa lampau di bangunan ini karena bangunannya yang unik dan menarik dipenuhi dengan akar-akar pepohonan.
Sebagai pusat pemerintahan Belanda pada masa kolonial, tak heran jika Kota Tua di Jakarta Pusat ini memang dipenuhi dengan suguhan arsitektur rumah gaya Eropa khas Belanda kuno. Ini merupakan ruang kantor perniagaan Belanda di masa lalu. Pernah dijadikan gereja tapi juga lama dijadikan gudang dan ditinggalkan. Suasananya sedikit mencekam karena pohon raksasa di tengahnya, tapi jangan khawatir. Kesinilah kapan-kapan jika anda berlibur.

3. Danau Asyik di Pusat Ibukota - Taman Situ Lembang
Destinasi wisata gratis di Jakarta yang satu ini merupakan salah satu yang paling Hits di ibukota. Beragam wahana asyik dan seru bisa dinikmati dari yang tua hingga muda. Ingin sekedar bersantai, memancing atau berjalan-jalan di sekitar Situ Lembang pun juga menyenangkan.
Tidak hanya itu saja, di momen waktu tertentu, khususnya di sore hari, kamu bisa menikmati suasana yang syahdu dan menenangkan. Hal semacam ini bukan hal yang mudah ditemukan di Jakarta, lho!

4. Taman urban yang aduhai – Taman Suropati
Taman urban selalu menarik untuk didatangi, khususnya yang ada di Jakarta. Bagaimana tidak, selain tempatnya asyik, fasilitasnya juga memadai.

 
Yang diunggulkan dari taman ini adalah suasananya yang teduh. Pohon yang rindang, area yang bersih dan tema tropis yang dikedepankan menjadikan taman Suropati ini menjadi salah satu jujukan favorit masyarakat urban Jakarta.

5. Taman Tabebuya
Seperti yang bisa kita lihat pada gambar, taman ini merupakan destinasi kolam teratai indah yang cukup terkenal di Jakarta. Biasanya destinasi ini dijadikan tempat untuk jogging dan bersantai.

Salah satu spot yang terkenal di sini adalah pohon Tabebuya dari Brasil yang bunganya berwarna merah muda seperti bunga sakura di Jepang. Cantik banget!
Alamat: Jl Moh Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 

6. Surganya pecinta barang vintage – Pasar Barang Antik, Jalan Surabaya, Cikini
Nah, bagi kamu yang tertarik pada barang-barang jadul, alias vintage, Pasar Barang Antik di Jalan Surabaya, Cikini adalah jujukan utama untuk berburu. Mulai dari jam antik hingga telepon jadul yang unik, semuanya ada di sini. Ingin memilikinya, silakan uji kemampuan menawar kamu, ya!

Bagi penggemar fotografi, banyak spot di Pasar Barang Antik di Cikini ini yang Instagenik. Malahan, tidak jarang lho orang berfoto prewedding di area ini untuk mendapatkan kesan vintage dan oldies.

7. Museum yang Anti Mainstream - Museum Tengah Kebun
Tidak semua museum menghadirkan nuansa yang membosankan, seperti Museum Tengah Kebun. Mulai dari letaknya, atmosfer hingga barang yang dipamerkan, semuanya asyik, seru dan anti-mainstream.
Namun, untuk menikmati museum ini kamu harus melakukan booking tempat dan kunjungan juga harus berkelompok, antara tujuh dan 12 orang. Biayanya? Gratis kok!


8.  Ruang Hijau Asyik dipinggir Mall – Tribeca Park
Lelah menjelajah Central Park Mall, kamu bisa langsung melipir ke Tribeca Park yang berada di sebelahnya. Dijamin deh, lelah fisik dan hati bisa luntur seketika melihat suasana asri dan menenangkan di lokasi ini.
Beragam tanaman yang berwarna-warni, lanskap taman yang keren, juga kolam dan hewan lucu di dalamnya membuat taman Tribeca ini kerap menjadi jujukan untuk beristirahat sejenak setelah melihat keriuhan kota. Belum lagi semilir angin, yang bisa membujukmu untuk terlelap sejenak, sekaligus membuatmu lupa sedang berada di ibu kota yang terkenal panas.

9. Menikmati sejuknya taman di selatan Jakarta – Taman Ayodya

Saat di Jakarta Selatan, kamu bisa menikmati Taman Ayodya yang hijau, serta danau buatan yang asri. Fasilitas urban yang ditawarkan pun cukup menjanjikan. Ada WiFi nya juga, lho!

Selain itu, kamu juga bisa menikmati nuansa sejuk yang biasanya tidak bisa didapatkan di tengah kota Jakarta. Yang lebih seru lagi, banyak kegiatan komunal dihelat di sini, seperti pertemuan pecinta hewan unik dan masih banyak lagi lainnya di akhir pekan.

10. Menjelajahi Dunia Seni Gaya Baru – Museum Art Mon Decor
Ingin menikmati hasil karya seni dari seniman baru, langsung saja menuju ke Museum Art Mon Decor di kawasan Gunung Sahari. Dari lukisan hingga bentuk New Art, kamu bisa melihat gaya eksentrik senimannya.


Bentuk gedung yang juga tidak biasa membuat museum ini mencolok dari lingkungan sekitarnya. Sayangnya, popularitasnya masih rendah meski apa yang ditawarkan cukup menarik.


11. Hutan Bakau Muara Angke
Banyak yang belum tahu jika di Jakarta ada obyek wisata hutan bakau. Hutan Muara Angke adalah hutan bakau terbesar yang masih ada di Jakarta, Hamparan pepohonan mangrove yang luas memberikan kesejukan tersendiri. Tempat ini sangat cocok untuk melewatkan kebersamaan bersama keluarga atau teman-teman.
 

0 komentar:

Posting Komentar