Sabtu, 06 April 2019

MAKAM KERAMAT GADOG



Garut kabupaten yang terletak sekitar 64 km sebelah tenggara Bandung ibu kota Jawa Barat dan sekitar 250 km dari Jakarta. Garut berada pada ketinggian 0 m sampai dengan 2800 meter, berbatasan langsung dengan Samudra Indonesia di sebelah selatan yang memanjang sekitar 90 km garis pantainya.
Makam Syekh Sunan Rohmat/Prabu Kian Santang

Menuju Makam Sunan Rohmat
 Di utara perbatasan dengan kabupaten Sumedang. Barat laut dengan kabupaten Bandung. Di barat dengan kabupaten Cianjur, dan di timur dengan kabupaten Tasikmalaya.
Pada era 20-an, Garut dikenal sebagai Swiss van Java, karena pesona alamnya yang menakjubkan dengan kontur yang sangat eksotis dan disempurnakan dengan hawa yang sejuk dan bersih.

Bahkan pada pertengahan tahun 1950-an Garut terkenal dengan sebutan Kota Intan. Selain itu terkenal dengan sentra peternakan domba unggulan baik untuk domba adu maupun untuk pedaging,dan industri makanan khas Dodol Garut. Pada umumnya Garut adalah daerah agraris dengan sumber air yang sangat melimpah dan sekarang disekitar obyek wisata sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap

Wisata budaya dan religi berupa sebuah kompleks pemakaman peninggalan sejarah yang dikenal dengan Makam Keramat Godog, sebuah Makam Keramat di Garut Jawa Barat yang sering didatangi oleh para pengunjung dari berbagai wisatawan sekitar Garut dan Jawa Barat. Selain itu kompleks makam ini memiliki kaitan sejarah dengan Syekh Sunan Rohmat atau yang lebih dikenal denganPrabu Kian Santang.
 
Berjiarah adalah kegiatan utama dilakukan pengunjung yang datang ke tempat ini, selain itu bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh sejarah Prabu Kian Santang anda bisa berwisata ke tempat ini. 
 
Alamat Makam Keramat Gadog terletak di Desa Lebak Agung Kecamatan Karangpawitan Kabupaten Garut Jawa Barat Indonesia. Jarak tempuh dari Ibukota Garut sekitar 14 Km. Luas wisata kompleks pemakaman keramat Gadog adalah 1.5 Ha.
 
Kompleks pemakaman ini kini di kelola oleh pemerintah dengan seorang penjaga makam atau disebut dengan kuncen bernama Bpk.H. Ahmad Endang.
 
Walau sederhana fasilitas akomodasi di kawasan wisata kompleks pemakaman Keramat Gadog ini sudah tersedia seperti penginapan dan kios-kios penyedia makanan.

Nama -nama 7 Makam di Makam Keramat Gadog
Di kompleks pemakaman ini terdapat tujuh makam diantaranya adalah
Makam Kian Santang berada di ruang utama,
Diruangan lain terdapat beberapa makam para Sembah Dalem (Kholipah Agung,  Sareupan Agung, Sareupan Sucim,Santuwaan Marjaya Suci). Kemudian Makam lainnya berada di ruang terbuka yaitu makam Syekh Dora dan makam Sembah Pager Jaya.

Jalan Menuju Makam Keramat Godog
Rute perjalanan yang di tempuh untuk sampai ke Makam Keramat Gadog adalah sebagai berikut:
Pengunjung dari luar kota terlebih dahulu menuju terminal Guntur, dari Terminal Guntur dialnjutkan menggunakan angkot Jurusan Terminal Guntur-Sukawening. Alternatif bisa menggunakan angkot jurusan Terminal Guntur-Karangpawitan berhenti di lokasi kompleks pemakaman Keramat Gadog.




Semoga Bermanfaat

Subscribe
 

0 komentar:

Posting Komentar