Sabtu, 14 Mei 2016

SHALAWAT IMAM MUHAMMAD BIN IRAQ AL-KANNANIY

Oleh: H. Rizqi Dzulqornain al-Batawiy
Shalawat al-Quthb Sayyidi Ibn Iraq
 "اللهمَّ صلِّ على سيدنا محمدٍ؛ صلاةً تُكْرِمُ بها مَثْواهُ؛ وتُشَرِّفُ بها عقباهُ؛ وتبلغُ بها يومَ القيامةِ مُنَاهُ ورِضَاهُ؛ هذهِ الصلاةُ تعظيماً لِحَقِّكَ يا سَيِّدَنا محمداً
Allahumma sholli ala sayyudina Muhammad sholatan tukrimu biha matswah. Wa tusyarrifu bija uqbah. Wa tuballighu biha yaumal qiyamah munahu wa ridhoh. Hadzihis sholatu ta’zhiman lihaqqika ya sayyidana Muhammadan.

“Ya Allah berikan shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad sebenar benar shalawat yang menjadi wasilah Engkau berikan kemulian tempat kembali dan Engkau berikan kehormatan kedudukan tinggi bagi sesudah kehidupan serta Engkau wujudkan cita-cita dan kesenangan beliau di hari qiyamat. Shalawat ini sebagai persembahan ta'zhim kepada pangkat keluhuran engkau Ya Rasulallah."

Shalawat di atas dihubungkan kepada imam Sayyidi Muhammad Bin Iraq al-Kannaniy radhiyallahu anhu. Pada sebagian naskah para ulama membaca dhabith (catatan)  
محمد بن عراق Muhammad Bin Arraq dengan memfathahkan ain dan mentasydidkan huruf Ra sebagaimana ditetapkan oleh Syaikh Abdul Fattah Abu Ghudah.

Menurut penelitian Doktor Iyad Khalid at-Tabba': semula saya agak bimbang menentukan dhabit  secara tahqiq (benar) antara dibaca ibn Arraq atau ibn Iraq. Syekh Abu Ghudah menegaskan bacaan Ibn Arraq sedangkan Syekh Khoiruddin Az-Zarikliy membacanya dengan Ibn Iraq bahkan ia meralat pendapat Bruclemen yang mengukuhkan bacaan Ibn Arraq. Untuk itu saya lakukan kajian ulang dalam menentukan bacaan yang valid. Dari penelitian berbagai kitab-kitab tentang nasab dan kamus besar akhirnya saya nyatakan bacaan Ibn Iraq yang lebih kuat.

Imam Muhammad as-Sanusiy (wafat 1276 hijriyah) berkata; Keutamaan membaca redaksi shalawat di atas adalah:
الواحدة منها بالف

Sekali membacanya seperti mendapat pahala 1000 kali bershalawat.
Untuk penjelasan kosa kata shalawat ini dijelaskan oleh imam Muhammad al-Mahdiy bin Ahmad al-Fasiy al-Maghribiy dalam kitabnya Mathaliul Masarrat halaman 286.

Shalawat tersebut dimasukkan oleh Imam Muhammad Sulaiman al-Jazuliy dalam kitab Dalailul Khoirot pada wiridan hari kamis dan hendaknya dibaca 3 kali setiap harinya.

Biografi Singkat Pengarang;
Syamsuddin Abu Ali Muhammad Bin Iraq ad_Dimasyqiy radhiyallahu anhu (dilahirkan 878 Hijriyah dan wafat tahun 933 Hijriyah) seorang wali quthb yang menetap di kota Madinah juga merupakan murid al-Arif Billah Sayyidi Ali Bin Maimun al-Ghumariy al-Maghribiy radhiyallahu anhu.

Beliau pernah melakukan riyadhah 20 hari tidak minum padahal saat itu sedang musim kemarau panjang sampai beliau pingsan dan ada yang menyangka beliau wafat. Teman-teman beliau laporan kepada Syekh Ali Bin Maimun bahwa beliau hampir meninggal karena kehausan dan mereka meminta izin kepada syekh Ali bin maimun untuk memberi air minum. Syekh Ali bin Maimun tidak mengizinkan lalu ia mendatangi beliau dan hanya menuangkain air di telapak tangan beliau kemudian seketika itu tiba-tiba beliau bangkit sadar seperti orang segar bugar. Beberapa hari kemudian beliau mendapat futuh istiqamah menjalankan thariqah.

Beliau melakukan perlawatan ilmiah ke berbagai negri di antaranya: Syam, Mesir, Beirut, Hijaz dan lainnya.

Adapun sanad yang bersambung kepada Imam Muhammad Bin Iraq ad-Dimasyqiy sebagai berikut:
الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن فضيلة الدكتور الاستاذ يوسف عبد الرحمن المرعشلي حفظه الله عن العلامة الشيخ محمد بن عبد الرزاق الخطيب الدمشقي عن محمد ابي النصرالخطيب الدمشقي عن الوجيه عبد الرحمن بن محمد الكزبري الدمشقي عن القطب مصطفى بن محمد الرحمتي الشامي عن العارف عبد الغني النابلسي الدمشقي عن نجم الدين محمد الغزي الدمشقي عن ابي البركات محمد البزوري عن الامام سيدي محمد ابن عراق الدمشقي رضي الله عنه
Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun'yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 258.

0 komentar:

Posting Komentar