Minggu, 10 Maret 2019

HIKMAH MEMULIAKAN TAMU DI RUMAH

hikmah memuliakan tamu dirumah
Sahabat pembaca, pasti diantara kita sering orang yang datang bertamu kerumah kita, tentu kita akan menjamu tamu tersebut dengan baik. Ada keutamaan yang baik bila suatu rumah sering didatangi para tamu, bahkan malaikat rahmat akan senantiasa berkunjung rumah yang tuan rumahnya senantiasa menjamu tamu tersebut.

Di kisahkan ada seorang perempuan yang mengeluh kepada Rasulullah SAW karena perilaku suaminya.

Dimana suaminya selalu mengundang orang-orang datang ke rumahnya dan menjamuNya sehingga tamu-tamu tersebut, dan menyebabkan sang istri menjadi sangat repot dan merasa kelelahan.

Lalu wanita tersebut keluar meninggalkan Rasulullah SAW dan tidak mendapatkan jawaban apapun dari Rasululullaah SAW.

Setelah beberapa waktu, Rasulullah SAW pergi ke rumah suami-istri tersebut, dan Rasulullah SAW bersabda kepada sang suami : "Sesungguhnya aku adalah tamu di rumahMu hari ini."

Betapa bahagianya sang suami demi mendengar ucapan Rasulullah SAW tersebut, maka dia segera menghampiri istrinya untuk mengabarkan bahwa tamu hari ini adalah Rasulullah SAW.

Si istri pun merasa bahagia karena kabar tersebut, dia pun segera memasak makanan yang lezat dan nikmat.

Dia lakukan hal tersebut dengan penuh rasa bahagia di dalam hatinya.

Ketika Rasulullah SAW akan pergi dari rumahNya, setelah beliau mendapatkan kemuliaan dan merasa bahagia dengan keridhoan pasangan itu.

Rasulullah SAW bersabda kepada suaminya :
"Ketika aku akan keluar nanti dari rumahmu, panggil istrimu dan perintahkan dia untuk melihat ke pintu tempat aku keluar."

Maka sang istri melihat Rasulullah SAW keluar dari rumahnya diikuti oleh binatang-binatang melata, seperti kalajengking dan berbagai binatang yang berbahaya lainnya di belakang Rasulullah SAW berjalan.

Terkejutlah sang istri dengan apa yang dilihat di depannya.
Maka Rasulullah SAW bersabda : "Seperti itulah yang terjadi. Setiap kali tamu keluar dari rumahmu, maka keluar pula segala bala', bahaya dan segala binatang yang membahayakan dari rumahmu."

"Maka inilah hikmah memuliakan tamu dan tidak berkeluh kesah karena kedatangannya."

Rumah yang banyak dikunjungi tamu adalah rumah yang dicintai ALLAH. Begitu indahnya rumah yang selalu terbuka untuk anak kecil atau dewasa. Rumah yang di dalamnya turun rahmat dan berbagai keberkahan dari langit.

Rasulullah SAW bersabda : "Jika ALLAH menginginkan kebaikan terhadap satu kaum, maka ALLAH akan memberikan hadiah kepada mereka".

قالوا: وما تلك الهدية؟
Para sahabat bertanya : "Hadiah apakah itu, ya Rasulullah..?."

قال: الضيف ينزل برزقه، ويرتحل بذنوب أهل البيت "
Rasulullah SAW bersabda : "Tamu akan menyebabkan turunnya rezeki untuk pemilik rumah dan menghapus dosa-dosa penghuni rumah."

قال: الضيف ينزل برزقه، ويرتحل بذنوب أهل البيت ".
Rosulullah SAW bersabda: "Tamu akan menyebabkan turunnya rezeki untuk pemilik rumah dan menghapus dosa-dosa penghuni rumah."

Rasulullah SAW bersabda : "Tamu adalah penunjuk jalan menuju Surga."

Rasulullah SAW bersabda:
مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ اْلأخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ
“Barang siapa yang beriman pada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya.” (HR. Bukhari)

Dan tentu kita tidak mengkhususkan mengundang orang-orang kaya saja, tanpa mengundang orang miskin, berdasarkan sabda Rasulullah SAW:

شَرُّ الطَّعَامِ طَعَامُ الْوَلِيمَةِ يُدْعَى لَهَا الأَغْنِيَاءُ ، وَيُتْرَكُ الْفُقَرَاءُ
“Sejelek-jelek makanan adalah makanan walimah di mana orang-orang kayanya diundang dan orang-orang miskinnya ditinggalkan.” (HR. Bukhari Muslim).

Marilah kita semua agar rela untuk menyediakan diri, menyediakan kasih sayang dengan cara saling berkunjung, bersilaturahmi menguatkan tali ukhuwah islamiyah antara sesama saudara muslim.

Semoga sahabat perisai mukmin semua dan orang yang membaca tulisan ini kelak menjadi tamunya Allah SWT dan mendapat syafa'at dari Rasulullah SAW, Aamiin.

ALLOHUMMA SHOLLI WASALLIM WABAARIK ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALAA AALIHII WASHOHBIHII WASALLIM TASLIMAN

SEMOGA BERMANFAAT
Subscribe

0 komentar:

Posting Komentar