Senin, 26 September 2016

Keutamaan hauqolah

Keutamaan hauqolah
Oleh: H. Rizqi Dzulqornain Al-Batawiy

(Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Azhiim)
Di antara amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan memiliki fadhilah besar adalah Hauqalah yakni ucapan :

 لَا حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAHIL ALIYYIL AZHIIM
(Tiada daya dan Kekuatan, kecuali pertolongan dari Allah Yang Maha Tinggi dan Agung)

Jika urusan dunia menghimpitmu, ketakutan menghantuimu, hutang mencekikmu, penyakit menyiksamu, orang-orang yang dicintai mengkhianatimu, kejahatan orang hasut atau tukang sihir menggebukmu, masa depan dan karir membuat gelisah dirimu, gagal dalam asmara atau jodoh belum kunjung datang, belum punya keturunan, ujian hidup bertubi-tubi menyerangmu perbanyaklah membaca Hauqalah.

Di riwayatkan ketika Allah Taala menciptakan Arsy, Allah Taala memerintahkan para malaikat untuk memikul Arsy, ketika Hamalatul Arsy (malaikat pemikul Arsy) memanggulnya mereka merasakan hal yang sangat berat di pundak mereka. Allah Ta’ala mengetahui keadaan mereka sehingga Allah memerintahkan mereka untuk membaca kalimat Hauqalah. Setelah Hamalatul Arsy membacanya, mereka tidak lagi merasakan beban yang berat sama sekali dalam memikulnya.

Sayyiduna Abdullah Bin Mas’ud radhiyallahu anhu menjelaskan makna kalimat Hauqalah :
لا حول عن معصية الله إلا بعصمته، ولا قوة على طاعته إلا بمعونته
“Tidak ada daya untuk menghindarkan diri dari maksiat selain dengan perlindugan dari Allah. Tidak ada kekuatan untuk melaksanakan ketaatan selain dengan pertolongan Allah”.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam memerintahkan kepada salah seorang sahabat beliau bernama Sayyiduna Abdullah bin Qois yang terkenal dengan julukan Abu Musa Al-Asy’ariy radhiyallahu anhu untuk memperbanyak membaca Hauqalah :

يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ قُلْ لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ . فَإِنَّهَا كَنْزٌ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ
“Wahai Abdullah bin Qois, katakanlah ‘Laa hawla wa laa quwwata illa billah’, karena ia merupakan simpanan pahala berharga di surga”. (HR. Bukhari no. 7386).

Kanzun min Kunuz Al-jannah, maksudnya: pahalanya disimpan bagi yang mengucapkannya. Pahalanya atau balasan amal zikir terebut disimpan di surga sebagaimana dikumpulkan, disimpan, dan dijaganya harta kekayaan.

Imam an-Nawawiy berkata :
قال العلماء:سبب ذلك انها كلمه استسلام وتفويض الى الله تعالى واعتراف بالاذعان له وانه لاصانع غيره ولاراد لامره وان العبد لايملك شيئا من الامر ومعنى الكنز هنا انه ثواب مدخر في الجنه
“Para ulama mengatakan bahwa kalimat Laa haula wa laa quwwata illaa billah (memiliki keutamaan agung) karena kalimat tersebut adalah ungkapan penerimaan dan penyerahan diri kepada Allah dan pengakuan bahwasanya tak ada pencipta selainNya, tak ada yang mampu menolak ketentuanNya dan seorang hamba tak mampu menguasai apapun. Makna dari Al-Kanz (simpanan kekayaan, seperti yang tertera dalam hadits-hadits di atas) adalah pahala yang tersimpan di Surga.”

Ibnu Rajab mengungkapkan :
فان المعنى لاتحول العبدمن حال الى حال ولاقوه له على ذلك الابالله
وهذه كلمه عظيمه وهي كنز من كنوز الجنه
“Makna ungkapan Laa haula wa laa quwwata illaa billah adalah bahwa seorang hamba tak mampu berpindah dari satu keadaan ke keadaan yang lain dan tak memiliki daya upaya dalam melakukan hal tersebut kecuali dengan kekuatan dan taufik dari Allah. Kalimat tersebut adalah ungkapan agung dan merupakan salah satu simpanan kekayaan Surga.”

Ibnul Qayyim berkata :
هذه الكلمه لها تاثير عجيب في معاناة الاشغال الصعبه وتحمل المشاق والدخول على الملوك ومن يخاف
“Kalimat ini mengandung pengaruh yang luar biasa dalam menanggung beban pekerjaan yang sulit dan keras, atau saat menghadap raja dan orang yang ditakuti”.


Imam at-Tirmidziy meriwayatkan perkataan imam Makhul rahimahullah berkata :
فمن قال : لا حول ولا قوة إلا بالله ولا منجا من الله إلا إليه ، كشف الله عنه سبعين بابا من الضر أدناها الفقر
“Siapa yang mengucapkan ‘Laa haula wala quwwata illa billah wala manjaa minallah illa ilaih’ maka Allah akan mengangkat darinya 70 pintu bahaya dan mencegah kefakiran darinya”.

Hauqalah juga menjadi amalan utama para wali quthb dan para pengamal thariqah shufiyyah. Syekh Muhammad al-Hafizh al-Mishriy Seorang Ulama besar dalam thoriqah Tijaniyah yang juga merupakan guru dari Syekh Muhammad Yasin al-Fadaniy dan Sayyid Muhammad Bin Alawi Bin Abbas al-Malikiy Radhiyallahu anhuma menyebutkan; Di antara amalan dzikir yang diperbanyak oleh Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu anhu adalah Hauqalah.

Salah satu pelayan Sayyidi Syekh Ahmad Tijaniy Radhiyallahu anhu yang bernama Sidi Mas'ud rahimahullah yang juga merupakan mertua dari Sidi Ahmad Al-Abdalawiy radhiyallahu anhu, mendapat ijazah dari Sayyidi Syekh Ahmad Tijani Radhiyallahu anhu membaca Hauqalah:
لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
LAA HAULA WALAA QUWWATA ILLA BILLAAHIL ALIYYIL AZHIIM

Untuk dijadikan wirid ikhtiariy (dzikir suplemen) shobahan dan masaan (pagi sore) pagi 500 kali, sore 500 kali.

Sanad muttashil kepada Imam al-Bukhariy dan berestafet kepada sayyiduna Abu Musa al-Asy’ariy (Abdullah Bin Qais dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam):
الحاج رزقي ذو القرنين أصمت البتاوي عن المعمر العلامة السيد احمد بن ابي بكر الحبشي عن العلامة الشيخ عمر حمدان المحرسي عن الشيخ فالح بن محمد الظاهري عن الشيخ محمد بن علي الخطابي السنوسي عن الامام السيد محمد مرتضى الزبيدي عن الشيخ شمس الدين محمد بن سالم الحفني عن الشيخ عبد العزيز الزيادي عن الشيخ شمس الدين محمد بن العلاء البابلي عن الشيخ سالم بن محمد السنهوري عن النجم محمد بن احمد الغيطي عن القاضي زكريا الانصاري عن الحافظ احمد بن علي بن حجر العسقلاني عن ابي اسحاق ابراهيم بن احمد التنوخي عن ابي العباس احمد بن ابي طالب الحجار قال اخبرنا الحسين بن المبارك الزبيدي قال اخبرنا ابو الوقت عبد الاول بن عيسى بن شعيب السجزي الهروي قال اخبرنا ابو الحسين عبد الرحمن بن محمد بن المظفر الداودي عن ابي محمد عبد الله بن احمد بن حمويه السرخسي سماعا قال اخبرنا ابو عبد الله محمد بن يوسف الفربري اخبرنا صاحب الجامع الصحيح الامام الحافظ الحجة ابو عبد الله محمد بن اسماعيل بن ابراهيم الجعفي البخاري قال حدثنا سليمان بن حرب حدثنا حماد بن زيد عن ايوب عن ابي عثمان عن ابي موسى الاشعري عن رسول الله صلى الله عليه واله وسلم

 Adapun sanad muttashil kepada Sidi Mas'ud dari Sayyidi Syekh Ahmad Tijaniy radhiyallahu anhu sebagai berikut :
الحاج رزقي ذو القرنين اصمت البتاوي عن الاستاذ الدكتود عادل بن احمد الشريف العلمي عن المحدث المسند العلامة السيد ادريس بن محمد العابد العراقي الحسيني عن العلامة الاديب القاضي الحاج احمد بن الحاج العياش سكيرج عن سيدي احمد العبدلاوي عن سيدي مسعود خديم سيدي الشيخ احمد التجاني عن سيدي الشيخ احمد التجاني رضي الله عنه .
Dikutip ulang dari kitab ittihaful amajid bi nafaisil fawaid karya Abu Mun’yah as-Sakunjiy at-Tijaniy jilid 2 halaman 29.

Barokallah Fik, Semoga Bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr, Wb.


0 komentar:

Posting Komentar