Sabtu, 21 Januari 2023

Shalawat Faroj

Sholawat Faroj merupakan ijazah dari kyai saya yang sampai sekarang masih melakukan riyadhoh ngrowot, beliau menjelaskan sholawat ini untuk bab hajat dunia, kelapangan hidup. beliau menceritakan bahwa setelah mukim dari pesantren dan khidmah di masyarakat mengamalkan ini, bi-idznillah hajatnya tercapai dari membangun pesantren, mendatangkan santri dari berbagai penjuru. beliau tidak pernah sekalipun menggunakan proposal dalam membangun pesantren. Berikut ini ijazah Shalawat Faroj dan tata cara pengamalannya.

- Nawaitu Li ridhoo-illaahi ta'aalaa (Al-Faatihah 1x)
- Ilaa hadhrotin-nabiyyil musthofaa Muhammadin SAW (Al-Faatihah 1x)
- Ilaa hadhroti Nabiyyullah Khidir AS (Al-Faatihah 1x)
- Ilaa hadhroti  Syekh Abdul Qodir Al Jailani, wa Syekh Abu Hasan As Syadzili,  wa Syekh Ibrahim Al Qurasy Ad-Dasuqi,  wa Syaikh Raden Syahid Sunan Kalijaga (Al-Faatihah 1x)
- Ilaa hadhroti Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki, wa KH Maimun Zubair, wa Kyai Saiful Anam (Al-Faatihah 1x)
- Khusushon Li man ajaazaanii Idris Dasuqi/Alwan Idris Ma’ruf wa Masyayikh Majelis Macul langit 313 (al-faatihah 1x)

اللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ صَلاَةَ عَبْدٍ قَلَّتْ حِيْلَتُهُ، وَرَسُولُ اللهِ وَسِيْلَتُهُ ، وَأَنْتَ لَهَا يَاإِلَهِى وَلِكُلِّ كَرْبٍ عَظِيْمٍ،   فَفَرِّجْ عَنَّا مَا نَحْنُ فِيْهِ بِسِرِّ بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ.

Allohumma sholli wa sallim wabaarik alaa Sayyidina Muhammadin Wa alaa aalihi washohbihi sholata Abdin Qollat Hiilatuhu, Wa Rosuulullohi Wasiilatuhu, Wa anta laha Yaa ilahii Wa likulli karbin azhiim, Fafarrij Annaa maa nahnu fiihi Bisirri Bismillahirrahmanirrahiim.

Keterangan :
Sholawat Faroj merupakan ijazah dari kyai saya yang sampai sekarang masih melakukan riyadhoh ngrowot, beliau menjelaskan sholawat ini untuk bab hajat dunia, kelapangan hidup. beliau menceritakan bahwa setelah mukim dari pesantren dan khidmah di masyarakat mengamalkan ini, bi-idznillah hajatnya tercapai dari membangun pesantren, mendatangkan santri dari berbagai penjuru. beliau tidak pernah sekalipun menggunakan proposal dalam membangun pesantren. 

Sholawat Faroj dibaca 100x setelah shalat subuh/shalat hajat. Tata cara pengamalan, saat membaca Likulli Karbin Azhiim kemudian krenteg dalam hati apa yang menjadi hajat sedulur semua. 

Menurut penuturan guru saya, Al-Maghfurlah Syaikhona K.H. Maimoen Zubair sering menyelipkan sholawat ini saat berdoa, ada tambahan bacaan dalam  Bisirri Bismillahirrahmanirrahiim menjadi Bisirri Asrori Bismillahirrahmanirrahiim, seperti yang tertulis dalam kitab Abwabul Faroj, yang diijazahkan langsung oleh Sayyid Muhammad bin Alawi Al Maliki

Demikian saya ijazahkan Sholawat Faroj kepada saudara semua semoga bermanfaat. 

Barokallahulana walakum minal Aamiiniin. 
Al Mujiz :  Kang Idris Dasuqi 
shalawat faroj

0 komentar:

Posting Komentar