Minggu, 25 September 2016

DOA ABU DZAR AL-GHIFARI

Imam Al Hakim At Turmudzi dalam kitab Haditznya Nawadirul Usul diceritakan bahwa suatu hari Nabi kedatangan seorang tamu yaitu sahabat Abu Dzarin. Disaat Nabi SAW sedang berbincang-bincang dengan Abu Dzar, datanglah malaikat Jibril as.  Nabi Muhammad SAW melihat malaikat Jibril as, sedangkan sahabat Abu Dzarin tidak melihat malaikat Jibril as. Kemudian Rasulullah SAW ingin memperkenalkan Abu Dzar kepada Malaikat Jibril as.

“Ya Jibril, apa engkau sudah kenal dengan sahabatku yang bernama Abu Dzar ini..?”

Jawab Jibril : “Wahai Rasulullah, ketahuilah bahwa sahabatmu ini lebih dikenal para malaikat di langit”.

Rasulullah SAW bertanya : “Apa rahasianya Ya Jibril, kenapa bisa Abu Dzar ini lebih dikenal di kalangan malaikat...?”.

Jawab Jibril : “Karena sahabat Abu Dzar punya satu doa yang isinya sepuluh kalimat yang di baca setiap habis sholat”.

Rasulullah SAW kemudian bertanya kepada Abu Dzar: “Ya Abu Dzar, apakah engkau punya doa yang isinya 10 kalimat..?”.

Kata Abu Dzar : “Iya Ya Rasulullah, sebenarnya doa itu dari engkau Ya Rasulullah hanya aku gabung-gabungkan saja”.

Kemudian Rasulullah SAW meminta Abu Dzar untuk membaca doa tersebut. Setelah Abu Dzar membaca doa tersebut Rasulullah SAW berkata : “Seluruh umatku harus hafal doa ini”.

Rasulullah SAW juga mengatakan bahwa orang yang membaca doa ini 1 kali sehabis sholat, imannya akan bertambah kuat, ilmunya akan bermanfaat, kalau shalat hatinya akan khusyuk, terhindar dari berbagai penyakit, tangannya diatas terus, tidak akan miskin.

Ketika Rasulullah menerangkan hal ini Jibril berkata : “Ya Rasullah surga rindu dengan orang yang membaca doa ini”.

doa abu dzar al-ghifari

Berikut doanya:
ALLAAHUMMA INNII AS-ALUKA IIMAANAN DAAIMAN, WA AS-ALUKA QALBAN KHAASYI’AN, WA AS-ALUKA ILMAN NAAFI’AN, WA AS-ALUKA YAQIINAN SHAADIQAN, WA AS-ALUKA DIINAAN QAYYIMAN, WA AS-ALUKAL AAFIYAH MIN KULLI BALIYAH, WA AS-ALUKA TAMAAMAL AAFIYAH, WA AS-ALUKA DAWAAMAL AAFIYAH, WA AS-ALUKASY-SYUKRA ALAL AAFIYAH, WA AS-ALUKAL GHINAA ANIN-NAAS.

Ya Allah, sesungguhnya aku meminta kepadamu iman yang langgeng
dan aku meminta kepadamu hati yang khusuk
dan aku meminta kepadamu ilmu yang bermanfaat
dan aku meminta kepadamu keyakinan yang benar-benar
dan aku meminta kepadamu agama yang lurus
dan aku meminta kepadamu selamat dari semua musibah
dan aku meminta kepadamu kesehatan yang sempurna
dan aku meminta kepadamu kesehatan yang terus-menerus
dan aku meminta kepadamu bersyukur atas kesehatan yang diberikan
dan aku meminta kepadamu sikap tidak butuh (tidak bergantung) kepada manusia.

Doa ini saya peroleh dari tausiyahnya Ustad Sholeh Basalamah di majelisnya Habib Syekh Bin Abdul Qadir Assegaf. Beliau mendapat doa ini dari gurunya Almarhum Al-Maghfurlah Sayyid Alawi Al-Maliki.

Barokallah Fik, Semoga Bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr, Wb.

doa abu dzar al-ghifari

1 komentar: