Sabtu, 06 April 2019

7 Tingkatan Neraka Menurut Al-Qur’an

7 Tingkatan Neraka Menurut Al-Qur’an
Sebagai muslim kita semua mempercayai tentang adanya Surga dan Neraka, Surga di peruntukan bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Alloh, sedangkan Neraka di peruntukan bagi mereka yang telah menyimpang dari jalan Alloh,
            Neraka ialah tempat yang penuh kehinaan dan kesedihan, karena didalamnya berisikan siksaan dan azab yang sangat pedih, tidak ada 1 pun orang yang mengunjunginya, selain itu juga neraka diperuntukan kepada orang yang ingkar dan durhaka kepada syariat Alloh SWT serta mengingkari Rasulullaah SAW, Naudzubillahi min dzalik, Semoga pembaca buku Cahaya Hati ini dijauhkan dari siksa yang amat menyedihkan dan menghinakan ini, Amiin. kali ini saya akan menjelaskan 7 tingkatan nama Neraka dan penghuninya menurut Al-Qur’an, kata Neraka sering disebutkan dalam Al-Qur’an dan jumlahnya sangat banyak sekali, dalam bahasa arab disebut (Naar) atau (An-naar), sebagaimana Allah SWT berfirman:
       “Dan katakanlah (Muhammad),”Kebenaran itu datangnya dari Tuhanmu, barangsiapa menghendaki (beriman) hendaklah ia beriman, dan barangsiapa menghendaki (kafir) biarlah dia kafir,” Sesungguhnya Kami telah menyediakan neraka bagi orang zalim, yang gejolaknya mengepung mereka. Jika mereka meminta pertolongan (minum), mereka akan diberi air seperti besi yang mendidih yang menghanguskan wajah. (Itulah) minuman yang paling buruk dan tempat istirahat yang paling jelek. (QS. Al-Kahfi [18]: ayat 29).

            Cerita dari Malaikat Jibril as kepada Nabi Muhammad SAW: “Neraka itu mempunyai 7 pintu dan masing-masing pintu dibagi 2, untuk laki-laki dan perempuan. Pintu itu selalu terbuka dan pintu yang satu berada dibawah pintu yang lain. Jarak pintu yang satu dengan pintu yang lain sejauh perjalanan 70 tahun. Pintu yang dibawahnya lebih panas 70 kali lipat dari pintu yang di atasnya. Musuh-musuh Alloh diseret kesana dan jika mereka sampai di pintu itu Malaikat Zabaniyah menyambut mereka dengan membawa rantai dan belenggu.
            Rantai itu dimasukkan kedalam mulutnya dan keluar dari duburnya, sedangkan tangan kirinya dibelenggu dengan lehernya, dan tangan kanannya dimasukkan kedalam dada hingga tembus ke bahu. Setiap orang durhaka itu di rantai bersama setan dalam belenggu yang sama, lantas diseret wajahnya tersungkur dan dipukul oleh malaikat dengan palu. Setiap kali mereka hendak keluar dari Neraka lantaran kesengsaraan mereka, Niscaya mereka dikembalikan kedalam Neraka.”
            Nabi Muhammad SAW bersabda: “Api kamu ini hanyalah satu bagian dari 70 bagian api di Neraka Jahannam.”
            Para Sahabat mengatakan: “Yang inipun sudah cukup berat panasnya.”
            Nabi berkata lagi: “Bahkan api neraka itu melebihi sebanyak 69 kali lipat panasnya api di dunia, Api neraka Jahannam telah dinyalakan 1000 tahun hingga menjadi marah, kemudian dibakar lagi selama 1000 tahun hingga menjadi putih, kemudian dibakar lagi selama 1000 tahun hingga menjadi legam, seperti malam yang gelap gulita. Jahannam memiliki 7 buah pintu dan pada setiap pintu itu terdapat 70.000 gunung, pada setiap gunung itu pula terdapat 70.000 lereng api dan pada setiap lereng itu terdapat 70.000 belahan tanah yang terdiri dari api, pada setiap belahannya pula terdapat 70.000 lembah dari api. Di setiap lembah itu terdapat 70.000 gudang dari api, dan pada setiap gudang itu pula terdapat 70.000 kamar dari api, pada setiap kamar itu pula terdapat 70.000 ular dan kala, dan setiap kala itu mempunyai 70.000 ekor, dan pada setiap ekor pula memiliki 70.000 ruas, pada setiap ruas kala tersebut mempunyai 70.000 qullah bisa.”

            Adapun Neraka neraka itu dibagi menjadi beberapa tingkatan sesuai kadar dan macam dosa yang diperbuat seseorang. Diantaranya adalah:
1. NERAKA HAWIYAH
            Nama neraka ini tercantum didalam Al-qur’an surat Al-Qori’ah ayat 9 dan 10, Neraka ini diperuntukkan atas orang-orang yang ringan timbangan amalnya yaitu mereka yang selama hidup didunia mengerjakan kebaikan bercampur dengan keburukan. Orang muslim laki-laki dan perempuan yang tingkah lakunya tidak sesuai dengan ajaran agama islam, seperti wanita muslim yang tidak menggunakan jilbab, bagi para lelaki muslim yang sering memakai sutra dan emas, mencari rezeki dengan cara yang tidak halal, memakan riba dan sebagainya Neraka Hawiyah adalah sebagai tempat tinggalnya.
 
       Dan adapun orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, Maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah, Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu, (yaitu) Api yang sangat panas. (QS. Al-Qori’ah [101]: ayat 8,9,10,11).

2. NERAKA JAHIM
            Nama neraka ini tercantum didalam Al-qur’an surat Asy-syu’aroo ayat 91, dimana Neraka Jahim ialah tempat penyiksaan orang-orang yang musyrik atau orang yang menyekutukan Alloh. Mereka akan disiksa oleh para sesembahan mereka. Dalam ajaran islam Syirik adalah salah satu dosa yang paling besar menurut Alloh, karena syirik berarti menganggap bahwa ada makhluk yang lebih hebat dan berkuasa sehebat Alloh SWT dan bisa pula menganggap bahwa ada Tuhan selain Alloh SWT.
“Dan neraka Jahim diperlihatkan dengan jelas kepada orang-orang yang sesat” (QS. Asy-Syu’aroo [26]: ayat 91).

3, NERAKA SAQOR
            Nama neraka ini tercantum didalam Al-qur’an surat Al-Muddatsir ayat 26 dan 27, yaitu Neraka yang diperuntukkan bagi orang munafik yaitu orang yang mendustakan perintah Alloh dan Rasulnya. Mereka mengetahui bahwa Alloh sudah menentukan hukum islam melalui lisan Nabi Muhammad SAW, tetapi mereka meremehkan syariat islam. Dan didalam Neraka ini ditempati orang-orang penyembah berhala. Siapa sajakah penghuni neraka saqor yaitu:
1.Orang yang tidak pernah sholat.
2.Orang tidak pernah memberi makan orang-orang miskin.
3.Ahli membicarakan yang bathil.
4.Orang mendustakan hari akhir yaitu tidak percaya dengan kiamat.
Kelak Aku akan memasukkannya kedalam (neraka) Saqor, Dan tahukah kamu apa (neraka) Saqor itu..?” (QS. Al-Muddatsir [74]: ayat 26-27).

4. NERAKA WAIL
            Nama neraka ini tercantum didalam Al-qur’an surat Al-Mutaffifin ayat 1-3, dimana Neraka ini disediakan untuk para pengusaha atau pedagang yang licik, dengan cara mengurangi berat timbangan, mencalokan barang dagangan untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat-lipat. Barang mereka akan dibakar dan dimasukkan kedalam perut mereka sebagai azab dan dosa-dosa mereka.
 “Celakalah bagi orang-orang yang curang (dalam menakar dan menimbang), (yaitu) orang-orang yang apabila menerima takaran dari orang lain mereka minta dicukupkan, dan apabila mereka menakar atau menimbang (untuk orang lain), mereka mengurangi.” (QS. Al-Mutaffifin [83]: ayat 1-3).

5. NERAKA HUTHOMAH
            Nama neraka ini tercantum didalam Al-Qur’an surat Al-Humazah ayat 4 dan 5, dimana Neraka ini disediakan untuk orang yang gemar mengumpulkan harta berupa emas,perak atau platina, mereka yang serakah dan tidak mau mengeluarkan zakat harta dan menghina orang miskin. Di Neraka ini harta yang mereka kumpulkan akan dibawa dan dibakar untuk di minumkan sebagai siksaan kepada manusia pengumpul harta.
       Sekali-kali tidak! Pasti dia akan dilemparkan kedalam (neraka) Huthomah, Dan tahukah kamu apakah (neraka) Huthomah itu..?  (Yaitu) api (azab) Allah yang dinyalakan, yang (membakar) sampai ke hati (QS. Al-Humazah [104]: ayat 4,5,6,7).

6. NERAKA SA’IIR
            Nama neraka ini tercantum didalam Al-qur’an surat An-Nisa ayat 10, Neraka ini berisi orang-orang kafir yang tidak percaya terhadap akhirat, juga orang senang ketika mendapat rezeki dan marah ketika susah memperoleh rezeki.
“Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara zalim, sebenarnya mereka itu menelan api dalam perutnya dan mereka akan masuk kedalam api yang menyala-nyala (neraka). (QS. An-Nisa [4]: ayat 10).
 “Dan sungguh, telah Kami hiasi langit yang dekat, dengan bintang-bintang dan Kami jadikannnya (bintang-bintang itu) sebagai alat-alat pelempar setan, dan Kami sediakan bagi mereka azab neraka yang menyala-nyala.” (QS. Al-Mulk [67]: ayat 5).

7. NERAKA JAHANNAM
            Nama neraka ini tercantum didalam Al-Qur;an surat Al-Hijr ayat 43, dimana berisi orang-orang yang menjadi pengikut syaithon, para pengikut syaithon kebanyakan para wanita, mengapa demikian..? karena didalam diri seorang wanita terdapat roh-roh syaithon.
Syaithon itu bentuknya ada 3 (tiga) macam yaitu:
1.Ucapan para dukun atau peramal.
2.Hawa Nafsu (egoisme).
3.Mengkultuskan kepada seseorang.

“Dan sungguh, Jahanam itu benar-benar (tempat) yang telah di janjikan untuk mereka (pengikut setan) semuanya.” (QS. Al-Hijr [15]: ayat 43).
 “Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang mengada-adakan kebohongan kepada Alloh atau orang yang mendustakan yang hak, ketika (yang hak) itu datang kepadanya..? Bukankah dalam neraka Jahanam ada tempat bagi orang-orang kafir..? (QS. Al-Ankabut [29]: 68).
 “Dan Kami akan menggiring orang yang durhaka ke neraka Jahanam dalam keadaan dahaga.” (QS. Maryam [19]: ayat 86).

Catatan:
            Neraka Lazhoo juga merupakan salah satu nama Neraka yang disebutkan dalam Al-qur’an diantara lain ada yang menyebut Neraka Lazho ialah: “Karena itu Kami peringatkan kamu dengan Neraka yang menyala-nyala. Tidak ada yang masuk kedalamnya kecuali orang-orang yang paling celaka, yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman).” (QS. Al-Lail [92):14-16).

1.Orang-orang yang mendustakan kebenaran agama yang dibawa oleh Rasulullaah SAW dan berpaling dari keimanan, sebagaimana disebutkan dalam ayat diatas.
2.Orang yang selalu menumpuk-numpuk harta benda tanpa menghiraukan yang halal dan yang haram, dan tidak pula mau menginfakkan sebagian hartanya di jalan Allah SWT. Hidupnya selalu menjauh dan membelakangi agama, apa yang diperintahkan agama tidak dipenuhi dan apa yang di larangnya selalu di langgar. Sebagaimana dalam Al-qur’an Allah SWT berfirman:
“Sekali-kali tidak dapat, Sesungguhnya Neraka itu adalah api yang bergejolak, yang mengelupaskan kulit kepala, yang memanggil orang yang membelakangi dan berpaling (dari agama serta mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya.” (QS.Al-Ma’aarij [70]: ayat 15-18).
            Nah, semoga dari penjelasan saya diatas tentang beberapa tingkatan dari neraka menurut Al-qur’an bisa menambah keimanan dan ketaqwaan kita, dengan selalu berpegang teguh pada perintah Alloh SWT dan menjauhi segala hal yang dilarangnya, menghindari segala sesuatu yang bisa membuat diri terjerumus kedalam api neraka, mudah-mudahan bermanfaat, Amin.

Semoga Bermanfaat 

0 komentar:

Posting Komentar