Selasa, 19 Juli 2016

SHOLAWAT ADADIYAH



أَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ، عَدَدَ مَا عَلِمْتَ، وَزِنَةَ مَا عَلِمْتَ، وَمِلْءَ مَا عَلِمْتَ
Alloohumma sholli alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa alaa aalihi washohbihi wasallim adada maa alimta, wa zinata maa alimta, wa mil-a maa alimta.
 
Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam atas Muhammad, Nabi yang ummi, juga kepada keluarga dan para sahabatnya, sebanyak jumlah apa Yang Engkau ketahui, seindah apa Yang Engkau ketahui, dan sepenuh apa Yang Engkau ketahui."

Penjelasan: Shalawat ini bersumber dari Sayyid Syamsuddin Muhammad Al-Hanafi R.a (Sultan Hanafi). la termasuk salah seorang keturunan Abu Bakar As-Shiddiq R.a. la telah menjabat kedudukan sebagai kutub para wali (quthb awliya) selama 46 tahun 3 bulan dan beberapa hari. Selama masa jabatannya itu, ia merupakan quthbul ghawts mufrad jam’i .

Banyak sekali cerita-cerita berkenaan dengan riwayat hidup dan karomahnya, Di antaranya ia tidak pernah berdiri satu kali pun bila menyambut kedatangan para raja. Bahkan, jika ada salah seorang di antara raja-raja itu datang kepadanya, raja tersebut merendahkan diri di hadapannya, duduk dengan sopan tanpa menoleh ke kiri dan ke kanan selama berada di hadapan beliau.

Semoga Bermanfaat, Barokallahu Fik.

1 komentar: