Rabu, 08 Juli 2015

DOA KUAT HAFALAN


Syekh Muhammad al-Arabiy Bin Saih at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu

Imam al-Quthub Sayyidi Syekh Muhammad Bin al-Arabiy as-Saih al-Umariy at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu menyebutkan dalam kitab beliau Bughyatul Mustafid Syarh Munyatul Murid:" Diantara adab yang harus diperhatikan oleh para penuntut ilmu yang gemar membaca kitab (buku) adalah berdoa sebelum belajar. Agar ia dapat mengingat apa yang ia baca hendaknya ia membaca doa:
 اللَّهُمَّ إنِّي أسْتَودِعُكَ جَمِيعَ مَا أنْظُرُهُ فِي هَذَا الكِتَابِ حَتَّى تَرُدَّهُ عَلَيَّ فِي وَقْتِ احْتِيَاجِي إلَيْه
Alloohumma inni astaudi-uka jamii’a maa an-zhuruhu fii hadzaa kitaabi hatta taruddahu alayya fii waqtih tihaajii ilaihi.
Artinya: "Ya Allah, aku titipkan kepadaMu segala apa yang aku lihat pada buku ini, sehingga Kau kembalikan kepadaku di saat aku membutuhkannya."

Doa ini merupakan puncak untuk menghapal dan mengingat bagi para penuntut ilmu. Hal tersebut semata-mata karunia Allah Taala yang diberikan kepada mereka.

Imam Muhammad Bin al-Arabiy as-Saih at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu berkata: "Aku telah mengamalkan doa ini pada setiap kesempatan aku membaca dan saat aku duduk menuntut ilmu kepada para ulama."

Mujarrabat ini kemudian dikutip oleh al-Qadhi Syekh Ahmad Sukairij dalam kitab Nailul Amaniy Fi Thibbir Ruhaniy wal Jasmani al-Marwiy An Syeikh Ahmad Tijaniy.

Adapun sanad yang muttasil (bersambung) kepada Imam Muhammad Bin al-Arabiy as-Saih at-Tijaniy Radhiyallahu Anhu ada banyak jalur yang kami dapatkan sebagaimana kami sebutkan dalam kitab "Dzakhiratul Muhtaj". Di sini kami mencukupkan dengan menyebutkannya dari satu jalur saja dari guru kami al-Faqih Syekh Muhammad al-Arabiy Bin Mahdi Ighider al-Hahiy al-Maghribiy:


Para Pengijazah:
-Al-Quthub Syekh Muhammad al-Arabiy Bin Saih at-Tijaniy
-Al-Quthub Syekh al-Husain al-Ifraniy
-Al-Quthub Syekh Ahsan al-Ba'qiliy as-Susiy al-Baidhawiy
-Al-Faqih Syekh Muhammad al-Arabiy Bin Mahdiy Ighider al-Hahiy
-Al-Haj Rizqi Zulqornain al-Batawiy  


1 komentar: