Sabtu, 31 Desember 2016

JANGAN BERHENTI BERDOA

Oleh: Ustad. Muhammad.

Bismillahirrohmaanirrohiim.
WEJANGAN YANG SANGAT BIJAK, JANGAN BERHENTI BERDOA

Allah pasti akan memberi jawaban doa seseorang selama ia tak tergesa-gesa. Lantas para sahabat bertanya: “Fa kaifa ya’jal Ya Rasulullah..?” bagaimanakah yang tergesa-gesa itu..?

Maka Rasulullah SAW menjawab: “dia yang berkata, Aku sudah berdo’a, Aku sudah berdo'a, tetapi Allah belum juga mengabulkannya” lalu ia tinggalkan doa”. Sementara doa itu punya batas sesuai dengan kadar bobot doanya.

Nabi Zakariya a.s, berapa lama ia berdoa agar dikaruniai anak..? 70 tahun lamanya baru Allah kabulkan. Ini seorang Nabi yang dekat dengan Allah, walau begitu Allah kabulkan setelah 70 tahun. Lalu bagaimana dengan anda yang tidak dekat dengan Allah...? Sabar saja.

Ada orang yang baru berdoa 2 minggu, sebulan,  belum di kabulkan sudah pesimis (putus asa) dan tidak mau lagi berdoa. “SABAR”, Nikmati prosesnya, jangan isti’jal dalam berdoa alias tergesa gesa.

Nabi Ayyub a.s, Allah beri ia kenikmatan selama 20 tahun lamanya, dengan kebun kurma, 12 orang anak yang gagah perkasa. Dan jadilah ia raja, orang, Nabi terkaya di kaumnya. Lalu Allah uji ia, Allah hancurkan semuanya dalam 3 hari.

- Hari pertama Allah beri ia penyakit kusta sampai kaumnya pergi meninggalkanya.
- Hari kedua Allah kirimkan badai dan hama yang menghancurkan seluruh kebun dan peternakanya.
- Hari ketiga, ini adalah hari terberat dalam hidup Nabi Ayyub, Allah wafatkan 12 anaknya dalam sehari tanpa sebab apapun, Hanya tinggal istrinya.


Sampai 18 tahun ujian, istrinya berkata: “Wahai nabi Allah, berdoalah pada Tuhanmu agar menghilangkan ujianmu, tidak perlu mengembalikan semua, cukup agar penyakitmu sembuh”.

Apa kata Nabi Ayyub..? “Wahai istriku berapa lama Allah beri kita nikmat..?”, “20 tahun” kata istrinya.

“Aku masih malu untuk minta sama Allah” itu jawaban Nabi Ayyub.

Tepat 20 tahun, Nabi Ayyub berdoa Ya Allah di abadikan dalam surat Al-Anbiya “Robbi anni massaniyadh dhur, wa anta arhamur rohimin”, (Ya Allah, aku telah ditimpa suatu musibah, sedang engkau adalah arhamur rohimin).

Telah sampai batasnya, telah tiba waktunya Allah kabulkan doanya. Allah berfiman: “Fastajbna lahu, wa kasyafna bihi min dhur, wa atainahu ahlahu wa mitslahu ma’ah”, maka Kami kabulkan doanya, Kami kembalikan keluarganya dan yang semisalnya bersamanya”. Dalam 3 hari pula Allah kembalikan semuanya.

- Hari pertama Allah sembuhkan penyakitnya.
- Hari kedua, kaumnya yang mendengar berita kesembuhannya kembali dengan membawa hadiah, entah kebun, sapi dll.
- Hari ketiga, Allah jadikan istrinya setiap tahun melahirkan 2 bayi kembar sampai anak Nabi Ayub berjumlah 24. Allah beri Nabi Ayub dua kali lipat.


Nabi Yaqub, berapa lama ia berdoa agar Allah pertemukan dengan Yusuf  alaihis salam..? Berpuluh-puluh tahun. Sampai ada yang mengatakan 40 tahun.

Nabi Musa, berapa lama Ia berdoa kepada Allah untuk kebinasaan Fir’aun seperti tersebut dalam surat Yunus 88-89..? Berpuluh-puluh tahun.

Nabi Ibrahim alaihis salam, berapa lama berdoa kepada Allah agar dikarunia anak..? Berpuluh-puluh tahun.

Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam, berapa lama beliau berdoa agar Allah memindahkan kiblat dari Al-Aqsha ke Al-Haram..? Tentu bertahun-tahun lamanya.

Intinya ANDA HARUS SABAR dan Nikmati prosesnya, akan ada batas waktunya dimana doa itu akan terkabul. Apa kata Ibnul Qoyyim tentang doa..? “Doa itu ibarat panah yang di lesatkan ke langit. Tapi untuk mencapai ke langit itu butuh waktu”.



Semoga Bermanfaat
Subscribe



0 komentar:

Posting Komentar