Kamis, 29 Desember 2016

AMALAN AGAR PUNYA PENAMPILAN OKE DAN HARTA MELIMPAH RUAH



Amalan Agar Penampilan Oke dan Harta Melimpah Ruah - Amalan ini bisa dibilang ajiib, karena bagi yang mengamalkan amalan ini maka dengan izin Allah akan dianugerahi penampilan yang oke punya dan harta yang melimpah ruah. Sebelumnya saya mau tanya dulu, siapakah diantara para sahabat yang tidak ingin punya penampilan oke dan harta melimpah ruah ? saya yakin setiap dari sahabatku di dunia maya ini menginginkan hal tersebut. 

Selanjutnya, amalan agar penampilan oke punya dan harta melimpah ruah ini saya ambilkan dari tafsir al-Qurthubi, yang selengkapnya teksnya berikut ini:

وَرَوَى جُبَيْرُ بْنُ مُطْعِمٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: [أَتُحِبُّ يَا جُبَيْرُ إِذَا خَرَجْتَ سَفْرًا أَنْ تَكُونَ مِنْ أَمْثَلِ أَصْحَابِكَ هَيْئَةً وَأَكْثَرِهِمْ زَادًا [؟ قُلْتُ: نَعَمْ. قَالَ: (فَاقْرَأْ هَذِهِ السُّوَرَ الْخَمْسَ مِنْ أَوَّلِ (قُلْ يَا أيها الكافرون) [الكافرون: 1] إلى- (قل أعوذ برب الناس) [النَّاسِ: 1] وَافْتَتِحْ قِرَاءَتَكَ بِبَسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ (. قَالَ: فَوَاَللَّهِ لَقَدْ كُنْتُ غَيْرَ كَثِيرِ الْمَالِ، إذا سافرت أكون أبدهم «4» هَيْئَةً، وَأَقَلَّهُمْ زَادًا، فَمُذْ قَرَأْتُهُنَّ صِرْتُ مِنْ أَحْسَنِهِمْ هَيْئَةً، وَأَكْثَرِهِمْ زَادًا، حَتَّى أَرْجِعَ مِنْ سفري ذلك.

Admin tidak akan mengartikannya secara tekstual, namun hanya akan menjelaskan secara umum, yang mana kutipan di atas berkisah tentang percakapan antara Jubair bin Mu'thim dengan kanjeng nabi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam.

Dikisahkan dalam kutipan di atas, bahwa suatu ketika kanjeng nabi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam bertanya kepada Jubair, "Wahai Jubair, apakah engkau suka apabila engkau akan bepergian, engkau termasuk dalam orang yang paling oke penampilannya dan paling banyak perbekalannya ?" Jawab Jubair, "Ya".

Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam bersabda lagi, "Kalau begitu wahai Jubair, bacalah lima surah dalam al-Quran ini, yaitu mulai dari surah al-Kafirun sampai dengan surah An-Naas. Mulailah dengan membaca basmalah."

Kemudian Jubair berkata, "demi Allah, sebelum aku mengamalkan amalan tersebut aku termasuk orang yang tidak memiliki banyak harta. Setiap kali bepergian, aku termasuk orang yang berpenampilan lusuh dan paling sedikit membawa bekal. Namun, setelah aku mengamalkan amalan di atas tersebut, aku menjadi orang yang apabila bepergian selalu paling baik penampilannya dan termasuk yang paling banyak perbekalannya, hingga aku kembali dari perjalananku."

Nah, riwayat yang menceritakan mengenai percakapan antara Jubair bin Mu'thim dengan kanjeng Rasul Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam di atas secara jelas mengajarkan kepada kita, umat islam, untuk membaca lima surah yang diawali dengan
- Surah Al-Kafirun.
- Surah An-Nashr.
- Surah Al-Lahab.
- Surah Al-Ikhlas.
- Surah Al-Falaq.
- dan diakhiri dengan surah an-Naas.

Hukumnya sunnah, karena ini yang mengajarkan adalah kanjeng Rasul Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam. harapannya apa..? Tentunya dengan membacanya secara ikhlas lillaahi ta'ala kita akan mendapatkan fadhilah yang besar, kebaikan yang besar, dan di antara manfaatnya, kita akan memiliki penampilan yang oke punya serta harta yang mencukupi untuk kita bawa selama dalam perjalanan. 

Tidak perlu barang mewah untuk memperbaiki atau mempercantik penampilan kita, sudah lebih dari cukup dengan menghadirkan akhlakul karimah dah perhiasan dzahir yang sederhana, bersih, dan suci. Insya Allah aura kewibawaan kita akan tampak dan penampilan kita terlihat baik/oke punya di mata orang yang memandang kita.

Demikanlah anjuran dari Rasulullah Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam, seorang yang paling sempurna, paling baik imannya, paling baik akhlaknya, dan paling tampan lahiriyahnya. Semoga sedikit demi sedikit kita dapat melaksanakan anjuran maupun perintah rasulullah dan menjauhi setiap apa yang beliau larang. aamiin. 


Semoga Bermanfaat

Subscribe
 

0 komentar:

Posting Komentar