Minggu, 25 Desember 2016

SHOLAWAT UNTUK YANG LAGI SUSAH HATI DAN BERAT URUSAN



Oleh : Ustad Abie Hasyim
Seingat saya enggak banyak sholawat yang isinya bisa langsung di pahami secara tekstual, Kadang butuh penafsiran lagi. Butuh terjemahan yang lebih familiar. Kalau pun ada kadang sholawatnya cukup panjang. Dan itu bikin malas buat yang membaca atau yang mau mengamalkan. Terlebih bagi mereka yang tidak biasa riyadhoh ala santri.

Saya pun begitu, karena faktor usia yang enggak bisa di bohongi bahwa seumuran saya sudah malas kalau duduk lama lama wiridan. Kalau pun harus lama-lama tentunya awrod/wirid khusus seperti wirid thoriqah. Kalau untuk minta-minta sudah terasa MALU hati ini. Maksiat terus tapi nangis-nangis minta hajat jalan terus. Hahahahaha.

Di dalam Kitab Kaifiyatul Wushul Li Ruqyati Sayyidina Rosul Muhammad SAW terdapat amalan dari Mualif Simtudh Dhuror Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi yang isinya merupakan gabungan Doa Nabi Musa AS dan bacaan sholawat saya menemukan 1 sholawat pendek, gabungan doa Nabi Musa As dan sholawat Gubahan dari Mualif Simtudh Dhuror Al-Habib Ali Bin Muhammad Al-Habsyi Ra. Mustajab banget, super mustajab, enggak pakai lama, enggak pakai capek, enggak pakai bosan ngamalinnya dan enggak pakai berbuih buih. Saya cuma Robithah kepada Nabi SAW melalui sholawat tersebut. Kalau sudah begini ya cuma bisa bilang ALHAMDULILLAH aja lah.

رَبِّ اشْرَحْ لِي صَدْرِي وَيَـسِّرْليِ أَمْرِي، بِحَقِّ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ آلِهِ وَ سَلَّمَ

Robbisy Rohlii Shodrii Wa Yassir Lii Amrii, Bihaqqi Sayyidinaa Muhammadin Shollalloohu Alaihi Wa Aalihi Wa Sallam
“Ya Tuhanku, Lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dengan Haq junjungan Nabi Muhammad Shallallaahu alaihi wasallam dan keluarganya”.
(Dibaca 1000 kali setiap malam atau setiap harinya )

1 komentar: