![]()  | 
| Area Depan Masjid | 
Masjid Pintu Seribu
 yang berada di kota Tangerang yang termasuk dalam provinsi banten yang 
kala itu adalah merupakan pusat penyebaran agama Islam di ujung barat 
Pulau Jawa. Maka tak heran, potensi wisata Banten di era modern begitu 
di dominasi wisata religi. Salah satunya adalah Masjid Pintu Seribu nama
 aslinya Masjid Nurul Yakin. 
Lokasinya berada di kampung Bayur, Priuk Jaya, Jatiuwung, Kabupaten Tangerang, Banten.
 Cukup mudah untuk dijangkau dengan mobil, hanya beberapa menit dari 
pusat Kota Tangerang. Masjid ini dinamakan Masjid Seribu Pintu karena 
tidak ada yang tahu berapa jumlah sebenarnya pintu masjid ini. Bahkan, 
pengelola masjid pun tidak tahu persis berapa jumlah pintu yang ada. 
Karena mereka tidak pernah menghitung jumlah pintu yang ada di masjid 
itu. Masjid pintu seribu ini, didirikan tahun 1978 oleh almarhum Syekh Al-Bakhir Mahdi seorang
 warga keturunan Arab yang warga sekitar menyebutnya dengan Al-Faqir. 
Semua pembiayaan pembangunan dia tanggung sendiri, Al-Fakir meninggal 
pada tanggal 1 Ramadhan 2012 lalu. Selanjutnya, 
kepengurusan masjid berpintu seribu ini dilanjutkan oleh keempat putra 
almarhum, yakni Khairul Zaman, Khainul Yakin, Fatwa Paku Alam, dan  
Khairullah. 
Sebagai penghormatan, warga sekitar memberinya gelar Mahdi Hasan Al-Qudratillah Al-Muqoddam. Kabarnya, Al-Faqir juga sedang membangun masjid serupa di Karawang, Madiun, dan beberapa kota lain di Indonesia. Pembangunan masjid ini bahkan tidak memakai gambar rancang. Tidak ada disain dasar yang bisa menampilkan corak arsitektur tertentu. Ada pintu-pintu gerbang yang sangat ornamental mengikuti ciri arsitektur zaman Baroque, tetapi ada juga yang bahkan sangat mirip dengan arsitektur Maya dan Aztec.
Sebagai penghormatan, warga sekitar memberinya gelar Mahdi Hasan Al-Qudratillah Al-Muqoddam. Kabarnya, Al-Faqir juga sedang membangun masjid serupa di Karawang, Madiun, dan beberapa kota lain di Indonesia. Pembangunan masjid ini bahkan tidak memakai gambar rancang. Tidak ada disain dasar yang bisa menampilkan corak arsitektur tertentu. Ada pintu-pintu gerbang yang sangat ornamental mengikuti ciri arsitektur zaman Baroque, tetapi ada juga yang bahkan sangat mirip dengan arsitektur Maya dan Aztec.
Para peziarah terutama akan datang pada saat hari-hari kebesaran Islam, 
atau saat menjelang bulan Ramadan.Ratusan peziarah yang terlihat ini, 
pada umumnya berasal dari Bandung, 
Kerawang, Jakarta. Selain itu, ada juga berbagai peziarah dari 
Kalimantan dan Aceh.
H. Abdul Karim, salah seorang pengurus di masjid tersebut mengungkapkan, kebanyakan para peziarah memilih untuk datang ke masjid Nurul Yaqin ini pada saat hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Isra dan Miraj, juga saat menjelang puasa Ramadan. "Banyak juga para peziarah yang datang pas acara hari besar islam untuk mengikuti acara tersebut," ungkapnya.
Salah satu ruang bawah tanah itu ada yang agak luas. Di sini terdapat sebuah tasbih super besar dari kayu. Garis tengah masing-masing butir tasbihnya sekitar 10 sentimeter. Atau sekitar kepalan orang dewasa. Ruang ini biasa dipakai Al Faqir untuk berzikir. Biasanya, pemandu sengaja mematikan lampu di ruangan itu, dan mengajak yang hadir untuk membayangkan saat-saat di alam kubur yang begitu sempit, pengap, dan gelap. Kemudian ia mengajak berdoa bersama dalam keheningan dan kegelapan. Semua lorong-lorong itu akhirnya menuju sebuah ruang terbuka yang mirip stadion sepak bola. Di tempat inilah dilakukan shalat berjamaah.
H. Abdul Karim, salah seorang pengurus di masjid tersebut mengungkapkan, kebanyakan para peziarah memilih untuk datang ke masjid Nurul Yaqin ini pada saat hari besar Islam seperti Maulid Nabi, Isra dan Miraj, juga saat menjelang puasa Ramadan. "Banyak juga para peziarah yang datang pas acara hari besar islam untuk mengikuti acara tersebut," ungkapnya.
Salah satu ruang bawah tanah itu ada yang agak luas. Di sini terdapat sebuah tasbih super besar dari kayu. Garis tengah masing-masing butir tasbihnya sekitar 10 sentimeter. Atau sekitar kepalan orang dewasa. Ruang ini biasa dipakai Al Faqir untuk berzikir. Biasanya, pemandu sengaja mematikan lampu di ruangan itu, dan mengajak yang hadir untuk membayangkan saat-saat di alam kubur yang begitu sempit, pengap, dan gelap. Kemudian ia mengajak berdoa bersama dalam keheningan dan kegelapan. Semua lorong-lorong itu akhirnya menuju sebuah ruang terbuka yang mirip stadion sepak bola. Di tempat inilah dilakukan shalat berjamaah.
![]()  | 
| Lorong dibawah Masjid Pintu Seribu | 
Masjid Nurul Yakin atau lebih dikenal dengan sebutan masjid Sewu 
(seribu) memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan masjid lain di
 Banten. Selain memiliki seribu pintu, tasbih berukuran raksasa 
terpajang di salah satu sudut ruangan. Tak ada keterangan tertulis, apa 
makna dibalik aristektur bangunan itu.
Terletak di Rt 01/Rw.03, Kampung Bayur, Priuk, Kota Tangerang. Pendiri masjid adalah seorang penyebar Islam kelahiran Arab bernama Al-fakir Syekh Mahdi Hasan Al-qudrotillah Al-muqoddam. Salah satu keunikan masjid ini adalah ruangannya yang disekat-sekat hingga membentuk ruangan seperti mushola. Setiap ruangan (mushola) diberi nama. Ada mushola Fathul qorib, Tanbihul Alqofilin, Durojatun Annasikin, Safinatu-Jannah, Fatimah hingga mushola Ratu Ayu. Masing-masing luas area mushola sekitar 4 meter.
Terletak di Rt 01/Rw.03, Kampung Bayur, Priuk, Kota Tangerang. Pendiri masjid adalah seorang penyebar Islam kelahiran Arab bernama Al-fakir Syekh Mahdi Hasan Al-qudrotillah Al-muqoddam. Salah satu keunikan masjid ini adalah ruangannya yang disekat-sekat hingga membentuk ruangan seperti mushola. Setiap ruangan (mushola) diberi nama. Ada mushola Fathul qorib, Tanbihul Alqofilin, Durojatun Annasikin, Safinatu-Jannah, Fatimah hingga mushola Ratu Ayu. Masing-masing luas area mushola sekitar 4 meter.
Selain mushola, keunikan lain adalah tasbih berukuran raksasa terpajang 
di dalam ruangan. Memiliki 99 butir berdiameter 10 centimeter. Setiap 
butir bertuliskan nama Asma’ul-Husna. Konon, tasbih itu merupakan 
terbesar di Indonesia. Di beberapa pintu  masjid dan pagar depan, tampak
 terlihat  angka 999. 
Angka ini menurut pengurus masjid, merupakan penggabungan jumlah nama 
Allah  dan nama sembilan wali (wali songo). Setiap lorong di masjid ini 
sudah dilengkapi dengan penunjuk jalan. Dan,
 salah satu ruang dari sekian banyak lorong itu menuju ruang bawah tanah
 yang disebut ruang tasbih. Ruang ini biasa digunakan oleh Al Faqir dan 
jamaah lainnya untuk beristiqomah. 
Selain memiliki seribu pintu, di dalam ruang bawah tanah masjid ini terdapat tasbih berukuran sebesar kepala bayi yang berjumlah 99 butir tasbih yang bertulisan asmaul husna. Awalnya, masjid ini kurang begitu populer karena digerus zaman, akan tetapi, setelah mulai dipublikasikan banyak media, masjid itu kemudian banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai penjuru, bukan saja nasional tapi masyarakat internasional.
Selain memiliki seribu pintu, di dalam ruang bawah tanah masjid ini terdapat tasbih berukuran sebesar kepala bayi yang berjumlah 99 butir tasbih yang bertulisan asmaul husna. Awalnya, masjid ini kurang begitu populer karena digerus zaman, akan tetapi, setelah mulai dipublikasikan banyak media, masjid itu kemudian banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai penjuru, bukan saja nasional tapi masyarakat internasional.
Masjid seribu pintu diyakini sebagai salah satu tempat penyebaran Islam 
oleh pendirinya. Konon, penyebaran dilakukan dengan cara pembagian 
sembako untuk fakir miskin dan anak yatim piatu, “Sejarah di dalam 
masjid ini karena mempunyai pintu sebanyak seribu, selain itu cara 
penyebaran Islamnya dari beberapa generasi dengan cara pembagian sembako
 rutin setiap Jum’at,” ujar Supandi.
Sayangnya masjid pintu seribu ini masih banyak pembangunannya yang harus
 diselesaikan, Masjid ini masih perlu uluran tangan pemerintah supaya 
pembangunan di masjid ini bisa diselesaikan dengan baik. perlunya peran 
pemerintah daerah untuk menunjang salah satu wisata religi di daerah 
Tangerang agar menjadikan 











Assalamu'alaikum, Mohon untuk di telusuri sejarah makam yang Ada di kebonkelapa kampung Cigaten Desa Cihuni kecamatan Pagedangan kabupaten Tangerang krn selama ini belum ada sejarah asal usul makam yg dianggap keramat tersebut. Trm ksh, wassalamu'alaikum.
BalasHapusWa'alaikumsalam, Insya Allah nanti akan saya kupas
BalasHapus