Kamis, 02 Februari 2023

Shalawat shohibin nasab

Assalamu'alaikum Wr,Wb

Menjadi impian semua orang tua adalah memiliki anak-anak yang sholeh dan sholehah, Sebagai muslim, tentunya kita senantiasa mengharapkan agar memiliki anak-anak dan keturunan yang sholeh dan sholehah.

Diantara keberkahan memiliki anak yang Sholeh dan Sholehah adalah dapat mendo'akan kedua orangtuanya, sehingga kelak akan menjadi amal yang terus menerus mereka berdua terima dan meringankan hisab di akhirat kelak.

Seperti sabda Nabi SAW :  Ketika seseorang telah meninggal terputuslah semua amalnya kecuali dari tiga hal : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfa'at dan anak Sholeh yang senantiasa mendo'akannya.

Diantara cara mewujudkan harapan tersebut, selain berdo'a kepada Allah, kita tambah dengan memperbanyak membaca Sholawat Shohibin Nasab sebagai berikut : 

ALLAHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN SHOOHIBIN- NASABIS SYARIIFI WA 'ALAA AALIHI WA SHOHBIHI WASALLIM

"Ya Allah, berikanlah Sholawat dan salam sejahtera kepada pemimpin kami Nabi Muhammad SAW , pemilik nasab yang mulia dan semoga Sholawat tercurah kepada para keluarga beliau dan para sahabat beliau".

Sholawat ini dinisbahkan kepada salah seorang wali besar yang merupakan salah satu dzurriyat (keturunan Rasulullah) yaitu Habib Husain Bin Muhammad Al-Haddad Radhiyallahu Anhu.

Pengarang Kitab al-Qaul al-Lathif Fi Bayan al-Nasab al-syarif, Habib Abu Bakr Bin Abdullah al-Atthas mengatakan : sewaktu Habib Hadi Bin Abdullah al-Hadar Banyuwangi hadir ke rumahku di pekalongan setelah beliau menghadiri acara peringatan haul ke-30 Al-Quthb Al Habib  Ahmad Bin Abdullah Bin Thalib al-Atthas, 

Al-Habib Hadi Bin Abdullah al-Hadar Banyuwangi berkata : Setelah Habib Husain Bin Muhammad al-Haddad wafat, beberapa tahun kemudian aku melihat beliau hadir di majelis kami, beliau duduk bersila sambil membaca dan mengulang-ulang Sholawat :

ﺍﻟﻠَّﻬُﻢَّ ﺻَﻞِّ ﻋَﻠﻰَ ﺳَﻴِّﺪِﻧَﺎ ﻣُﺤَﻤَّﺪٍ ﺻَﺎﺣِﺐِ ﺍﻟﻨَّﺴَﺐِ ﺍﻟﺸَّﺮِﻳْﻒِ 
ALLAHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINA MUHAMMADIN SHOOHIBIN NASABIS SYARIIFI

Sehingga aku tambahkan redaksinya :
ﻭَﻋﻠَﻰ ﺍﻟِﻪِ ﻭَﺻَﺤْﺒِﻪِ ﻭَﺳَﻠِّﻢْ 
WA 'ALAA AALIHI WA SHOHBIHI WASALLIM

Shalawat ini disebutkan dalam kitab Al-Qaulul Lathif fi Bayanin Nasabisy Syarif yang dikarang Habib Abu Bakr bin Abdullah Al-Atthas.

Disebutkan oleh Ibnu Watiniyah dalam bukunya Kumpulan Sholawat Nabi Super lengkap, bahwa siapa saja yang membaca Sholawat Shohibin nasab ini secara istiqamah, maka oleh Allah akan diberikan anak-anak dan keturunan yang mulia, Sholeh dan Sholehah, Aamiin Yaa Robbal Aalamiin.

Semoga bermanfaat.

shalawat shohibin-nasab

0 komentar:

Posting Komentar