Minggu, 23 Oktober 2016

MINTA ATAU DITAWARKAN, MANA YANG LEBIH ENAK...?

Assalamu'alaikum Wr, Wb
Renungan ini sebagai motivasi kita untuk mendapatkan pertolongan Allah Swt sekaligus menjaga displin waktu dalam ibadah. Sebagai contoh ceritanya seperti ini :
Ada seorang Pak Haji memiliki pohon mangga di halaman rumahnya. Suatu hari saya lewat di depan rumahnya, lalu saya menyapa beliau,

"Pak Haji, boleh gak saya minta manggaNya...?"
"Boleh dong Pak Ustad, silahkan petik sendiri mana yang Pak Ustad mau"
Nah itu cerita pertama. Adapun cerita kedua terjadi pada hari yang berbeda.

Pak Haji karena sudah hafal jam berapa biasanya saya lewat, beliau sudah menyiapkan satu plastik mangga, lalu beliau duluan yang menyapa saya "Pak Ustad, ini kebetulan manggaNya lagi pada mateng, tunggu sebentar ya saya sudah siapkan spesial buat Pak Ustad".

"Wah terima kasih Pak Haji, jadi ngerepotin"
Nah saudara tahu, mana yang lebih enak...? Tentu saat ditawarkan kan...?, Karena mangganya sudah siap, dan pastinya manis semua karena si empunya yang memetik langsung. Bandingkan saat saya yang minta, sudahlah saya petik sendiri, dan bisa jadi mangganya ada yang asam karena saya tidak ahli memilih mangga.

Begitulah saat kita menginginkan pertolongan Allah, mengharap rizki Allah, meminta kebahagiaan kepada Allah, lebih enak saat ditawarkan sendiri oleh Allah kan...? Bagaimana caranya...?

Satu, sholat awal waktu. Karena panggilan adzan adalah panggilan saat kita ditawarkan kebahagiaan oleh Allah. Saat muadzin menyeru "Hayya alal falah" itu kalimat nikmat banget kalau mau kita renungkan. Segera datangi panggilan tersebut !

Kedua, pada waktu tahajud. Karena, sesuai dengan hadist Nabi, rahmat Allah ditawarkan pada waktu tersebut. Allah senantiasa menunggu siapakah diantara kita yang bangun menyambut penawaran itu, saat orang lain sedang terlelap tidur.

Jadi, sampai kapan kita terus mengabaikan kedua kesempatan tersebut...?
Waktunya kita untuk bangun dan berubah dari tidur panjang kita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

Semoga bermanfaat
Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar