Sabtu, 03 Juni 2023

Perbedaan Sholawat dan Rahmat

 Perbedaan Sholawat dan Rahmat..??

Di dalam surat Al-Baqarah ayat 157 Allah Ta'ala menyebut Sholawat dan Rahmat secara terpisah, Apa perbeda'an dari kedua makna tersebut..?

Menurut Al-Imam Hakim At-Tirmidzi di dalam kitab Ilmul Awliya / Ilmu Para Wali Allah Rahmat bisa berupa suatu Karunia tertentu dari Allah Ta'ala kepada hambanya, Jika hamba tersebut berdosa, maka Allah Ta'ala bisa mencabutnya dari hamba tersebut.

Sedangkan jika Allah Ta'ala memberikan Sholawat kepada seorang hamba, maka hamba tersebut berhak atasnya dalam setiap gerak dan keada'an sejak ia mendapatkannya hingga tiba di pintu surga.

Jadi Sholawat bermakna lebih besar dan lebih agung daripada Rahmat

Al-Imam Al-Hafizh As-Sakhawi menjelaskan bahwa Sholawat Allah dan Para Malaikat-NYA kepada Nabi Besar Muhammad Shollallahu Alayhi wa Sallam di dalam surat Al-Ahzab ayat 56 menggunakan sighat Mudarri / bentuk kini dan akan datang yang bermakna berkesinambungan dan terus menerus / abadi yakni menggunakan kata Yusholluna Sehingga Allah Ta'ala dan Para Malaikat-NYA selalu dan selamanya Bersholawat kepada Nabi Besar Muhammad Shollallahu Alayhi wa Sallam.

Inilah salah satu daripada keutama'an yang maha besar yang Allah Ta'ala berikan kepada orang yang suka membaca Sholawat kepada Nabi Besar Muhammad Shollallahu Alayhi wa Sallam yaitu dengan Sholawat yang kekal abadi yang tidak akan pernah Allah cabut sampai hamba itu masuk kedalam Surga.

Siapa yang Bersholawat kepadaku satu kali maka Allah akan Bersholawat untuknya sepuluh kali mengangkatnya sepuluh derajat, menulis sepuluh kebaikan untuknya dan menghapus sepuluh kejelekan darinya. (HR An-Nasa’i)

Perbedaan Sholawat dan Rahmat

0 komentar:

Posting Komentar