Jumat, 06 Januari 2017

AMALAN SUNNAH DI HARI JUMAT

Rahasia dan Keutamaan Hari Jum'at yang patut untuk diketahui, sebagaimana kami lansir dari berbagai sumber. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dan Turmudi dijelaskan bahwa orang yang meninggal pada hari/malam jum'at merupakan tanda-tanda khusnul khotimah. 

Selain itu, dalam hadits lain yang diriwayatkan oleh Muslim disebutkan bahwa Nabi Adam diciptakan pada hari jum'at, hari dimana Nabi Adam di masukkan ke dalam surga, hari dimana Nabi Adam dikeluarkan dari Surga, dan hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at. Dan masih banyak lagi keutamaan, keistimewaan serta rahasia di balik hari jum'at. Untuk lebih jelasnya, silakan langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Kejadian Luar Biasa di Hari Jum'at (Diciptakannya Adam hingga Hari Kiamat
Dari Abu Hurairah, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ
Artinya : "Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jum’at. Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika Adam dikeluarkan dari surga. Hari kiamat tidaklah terjadi kecuali pada hari Jum’at”. (HR. Muslim).

Hari Jum'at adalah hari yang paling mulia
Keutamaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala pada hari Jumat sebagai keistimewaan umat muhammad yang tidak diberikan pada umat sebelumnya. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
إِنَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ سَيِّدُ الْأَيَّامِ وَأَعْظَمُهَا عِنْدَ اللهِ
Artinya : Sesungguhnya hari Jumat itu adalah pemimpin seluruh hari dan hari paling mulia di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala. (HR. Ibnu Majah dinyatakan sahih oleh al-Albani rahimahullah)

Hari Jum'at adalah hari yang menghapuskan dosa-dosa
Dari Salman beliau berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda:

لا يغتسل رجل يوم الجمعة ويتطهر ما استطاع من طهر ويدهن من دهنه أو يمس من طيب بيته ثم يخرج فلا يفرق بين اثنين ثم يصلي ما كتب له ثم ينصت إذا تكلم الإمام إلا غفر له ما بينه وبين الجمعة الأخرى
Artinya : Tidaklah seorang hamba mandi pada hari Jum’at dan bersuci dengan sebaik-baik bersuci, lalu ia meminyaki rambutnya atau berparfum dengan minyak wangi, kemudian ia keluar (menunaikan sholat Jum’at) dan tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk), kemudian ia melakukan sholat apa yang diwajibkan atasnya dan ia diam ketika Imam berkhutbah, melainkan segala dosanya akan diampuni antara hari Jum’at ini dengan Jum’at lainnya. (HR Bukhari)

Hari Jum'at - Hari Dimuliakannya para Wali-wali Allah
Dari Anas bin Malik radhiyallahu ’anhu, beliau berkata tentang firman Allah Azza wa Jalla :

وَلَدَيْنَا مَزِيْدٌ
Artinya : Dan pada sisi kami ada tambahannya. (QS: Qaf : 35

Beliau berkata, "Allah muliakan mereka pada tiap hari Jum’at."

Hari Jum'at adalah Hari Raya Setiap Minggu bagi Orang Muslim
Dari Ibnu ’Abbas radhiyallahu ’anhuma berkata, Rasulullah Shallallahu ’alaihi wa Salam bersabda:
إن هذا يوم عيد جعله الله للمسلمين فمن جاء الجمعة فليغتسل

فوائد  تختص بسيد الأيام  يوم الجمعة:

مستفاد من مجالس  الحبيب  زين بن سميط والحبيب سالم الشاطري  نفع الله بهما..  آمين
Faidah-faidah yang dikhususkan dibaca dikepalanya / pemimpin semua hari yaitu hari Jum'at :

Ini faidah-faidah diambil dari majelis Al-habib zain bin ibrohim bin smith, dan Alehabib salim bin abdullah bin umar asy-syathiri semoga ALLAH SWT memberi kemanfatan karena beliau berdua, amiin :

١   من قال بعد غسل  الجمعة  "مائة مرة"  يامهيمن ... رزقه  الله المهابة والجلال.
Barang siapa yg membaca setelah mandi sunnah dihari jum'at "yaa muhaiimin" sebanyak 100x, maka Allah SWT akan menghadiahkan untuknya kewibawaan dihadapan makhluk-makhlukNya. 
        

٢   من قرأ  بين أذاني  الجمعة  سورة القدر   ٧ مرات    قضى  الله دينه.
Barang siapa yang membaca diantara dua adzan diwaktu hendak melaksanakan sholat jum'at "surat al-qodr" sebanyak 7x, maka Allah SWT akan melunasi semua hutang-hutangnya.

٣ من قال ساعة الدعاء  للمؤمنين والمؤمنات في الخطبة  :   ياغني  يامغني   أربعين  مرة؛     يقول  في  رأس  كل عشر  منها  :    أغنني   ..  إلا  وسع  الله  عليه  رزقه.
Barang siapa yg membaca ketika khotib membaca do'a lilmu'miinina wal mu'minaat "yaa ghoni yaa mughni"sebanyak 40x dan membaca disetiap kelipatan yg ke 10 "aghnini", Maka Allah SWT akan melapangkan rizqinya.

٤ من قال بعد صلاة الجمعة  ٣٣   مرة   يا باطن   ..  جعله الله من أهل  الباطن.
Barang siapa yg membaca setelah sholat jum'at "yaa baathin" sebanyak 33x, maka Allah SWT akan menjadikannya termasuk dalam golongan ahli bathin.

Lalu Diriwayatkan barang siapa yang membaca Surat Al-Fatihah, Al-Ikhlas, Al-Mu'awwidzatain (Al Falaq & An Naas) masing-masing 7x setelah salam dari shalat jum'at dan sebelum melipat kakinya (merubah posisi duduk setelah salam) serta belum berbicara apapun, maka Allah akan mengampuni segala dosa yang telah berlalu dan diberi pahala sebanyak pahala orang-orang yang beriman kepada Allah dan RasulNya.

Dalam riwayat lain dijaga dari keburukan hingga jum'at yang akan datang serta akan dilindungi perkara agamanya, dunianya, istri dan anak-anaknya.

Imam Al-Ghazali berkata: Bacalah do'a ini setelah membaca surat-surat tersebut :

ﺍﻟﻠﻬﻢ ﻳﺎﻏﻨﻲ ﻳﺎ ﺣﻤﻴﺪ، ﻳﺎ ﻣﺒﺪﺉ ﻳﺎ ﻣﻌﻴﺪ، ﻳﺎ ﺭﺣﻴﻢ ﻳﺎ ﻭﺩﻭﺩ، ﺃﻏﻨﻨﻲ
ﺑﺤﻼﻟﻚ ﻋﻦ ﺣﺮﺍﻣﻚ، ﻭﺑﻔﻀﻠﻚ ﻋﻤﻦ ﺳﻮﺍﻙ، ﻭﺑﻄﺎﻋﺘﻚ ﻋﻦ ﻣﻌﺼﻴﺘﻚ

Imam Asy-Syarqowi berkata : Barangsiapa yang senantiasa melanggengkan doa tersebut dan surat-surat yang telah disebutkan tadi, Allah akan mencukupinya dan Memberikan kepadanya rizqi yang tak disangka-sangka,mengampuni segala dosanya dan melindungi urusan agama,dunianya serta istri dan anak-anaknya.

Ketika ditanya Al Habib Ahmad ibn Hasan Al Athas tentang mendahulukan pembacaan tasbih daripada surat-suray Al-Qur'an yg dibaca tujuh kali selepas sholat jum'at beliau menjawab: "bahwa al-habib  Abdullah bin Alwi Alhaddad tidak memandang buruk bagi pemisahan antara sholat dan pembacaan surat 7 kali,dan beliaupun berkata" sesungguhnya sebagian banyak para salafuna sholeh mewasiatkan hendaknya jangan kalian lewatkan selepas sholat jum'at untuk membaca 7 kali surat tersebut dengan pemisah yang lama. (Tadzikurun nas hal 173 bab solat jum'ah lil habib Ahmad ibn Hasan Al athas ra)

Dalam kitab al adzkar Imam Nawawi ra disebutkan daripada riwayat sy aisyah ra,telah bersabda Nabi saw "barang siapa yg membaca selepas sholat jum'at surat al ikhlas 7 kali, surat al alaq 7 kali, annas 7 kali, maka Allah akan melindunginya dari segala mara bahaya sampai jum'at yang akan datang.
Riwayat yg lain dengan tambahan membaca 7 kali Fatihah.

Khotam ijazah


Semoga Bermanfaat
Subscribe
 

0 komentar:

Posting Komentar