Kamis, 27 Juli 2017

TUJUH KEISTIMEWAAN SHOLAT SHUBUH DAN AMALAN SEBELUM TIDUR AGAR BISA BANGUN SUBUH

SULTHONUL QULUB HABIBANA MUNDZIR BIN FUAD AL-MUSAWA
Sahabat yang dirahmati Allah SWT, Bagaimanakah kabar Sholat Shubuh kalian..??

Semoga kita tetap istiqamah untuk selalu menunaikannya. Karena faktanya, Sholat Shubuh merupakan waktu yang paling berat bagi kebanyakan dari kita sebagaimana sabda Nabi SAW :
"Sesungguhnya shalat yang paling berat dilaksanakan oleh orang-orang munafik adalah shalat isya dan shalat subuh. Sekiranya mereka mengetahui keutamaan keduanya, niscaya mereka akan mendatanginya sekalipun dengan merangkak." (HR. Bukhari no. 657 - Muslim no. 651)
Lantas kenapa sebagian dari kita merasa begitu malas untuk mendirikannya...?, dan apa penyebabNya...??
"Syetan mengikat tengkuk setiap orang diantara kalian dengan tiga ikatan ketika kalian tidur. Setiap ikatannya ditiupkanlah bisikannya (kepada yang tidur itu), "Bagimu malam yang panjang, tidurlah dengan nyenyak." Maka apabila ia bangun dan menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Kemudian apabila ia berwudhu, terlepaslah satu ikatan lagi. Dan kemudian apabila ia sholat, maka terlepaslah ikatan yang terakhir." Maka ia memulai pagi hari dalam keadaan segar dan bersih jiwanya. Jika tidak , maka ia memulai pagi hari dalam keadaan kotor jiwanya dan malas." (HR. Muttafaqun Alaih).

BEBERAPA KEISTIMEWAAN SHOLAT SHUBUH

1. MENJADI PENGHALANG MASUK NERAKA
Rasulullah SAW bersabda :
"Tidaklah akan masuk neraka orang yang melaksanakan shalat sebelum terbitnya matahari (yaitu shalat shubuh) dan shalat sebelum tenggelamnya matahari (yaitu shalat ashar)." (HR. Muslim no. 634)

2. JAMINAN MASUK SURGA
Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa yang mengerjakan shalat bardain (yaitu shalat shubuh dan ashar) maka dia akan masuk surga." (HR. Bukhari no. 574) dan Muslim no. 635)).

3. DAPAT PAHALA SEPERTI SHOLAT SEMALAMAN
Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa yang shalat isya berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat shubuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya." (HR. Muslim no. 656)

4. MENDAPAT JAMINAN KESELAMATAN
Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa yang shalat subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam." (HR. Muslim no. 163)

5. BERCAHAYA DI HARI KIAMAT
Rasulullah SAW bersabda :
"Berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang banyak berjalan dalam kegelapan (Isya' dan Shubuh) menuju Masjid, dengan cahaya yang sangat terang pada hari Kiamat kelak." (HR. Ibnu Majah dan Tirmidzi)

6. LEBIH BAIK DARI DUNIA DAN ISINYA
Rasulullah SAW bersabda :
"Dua rakaat shalat shubuh itu lebih baik dari dunia beserta isinya." (HR. Muslim dan Ahmad)

7. PARA MALAIKAT MENYAKSIKAN
Allah SWT berfirman :
"Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) Shubuh. Sesungguhnya shalat Shubuh tu disaksikan (oleh malaikat)." (QS. Al-Isra: 78)

Rasulullah SAW bersabda :
"Dan para malaikat malam dan malaikat siang berkumpul pada shalat fajar (subuh)." (HR. Bukhari no. 137) dan Muslim (no. 632)

Subhanaallah, Begitu banyak keistimewaan yang tersembunyi dibalik shalat shubuh, apalagi bila dengan berjamaah di Masjid atapun mushollah. Sungguh merugilah kita yang telah sengaja meninggalkan serta melalaikannya.

SULTHONUL QULUB HABIBANA MUNDZIR BIN FUAD AL-MUSAWA, Pernah mengatakan :
"Selama kita terus berusaha untuk bangun pada waktunya lalu bangun terlambat maka Allah SWT tidak mencantumkan dosa bila kita telah berusaha".

Metode yang paling jitu adalah memadukan antara metode sunnah dengan metode ilmiah sebagaimana berikut :

Sebelum anda tidur bacalah :
- SUBHANALLAH 33 kali,
- ALHAMDULILLAH 33 kali,
- ALLAHU AKBAR 33 kali,


Lalu sekali membaca :
LAA ILAAHA ILLALLAHU WAHDAHU LAA SYARIKALAH, LAHUL MULKU WALAHUL HAMDU, YUHYII WA YUMIIT WAHUWA ALAA KULLI SYAI'IN QADIIR.

(Tiada tuhan selain Allah, Maha Tunggal tanpa bersekutu, Milik-Nya Kerajaan alam, dan Bagi-Nya Pujian Mulia, Dia menghidupkan dan mematikan dan Dia berkuasa atas segala sesuatu).

Bacaan tersebut dari riwayat Shahih Bukhari bahwa Rasulullaah SAW mengajarkan putrinya Sayyidah Fathimah Azzahra R.a untuk mengamalkannya sebelum tidur, maka ia akan bangun dengan segar tanpa kantuk.

GURU MULIA MENGAJARKANNYA KEPADA KITA DAN MEMANG TERBUKTI, ORANG YANG SEBELUM TIDUR MEMBACANYA MAKA IA AKAN BANGUN DENGAN TUBUH SEGAR TANPA MALAS DAN BERAT UNTUK BANGUN.

Siapkan Alarm disebelah anda lalu baca zikir tersebut, maka anda pasti bangun pada waktunya dengan segar.

Sebab bila alarm saja maka anda bisa saja bangun, Namun tubuh masih malas bangun, maka akan kembali tertidur. Atau dzikir saja maka anda bangun segar, namun karena tubuh lelah maka bangunnya telat walau segar, maka padukan keduanya.

Usahakan jangan makan malam kecuali sangat sedikit, Lalu baca dzikir tersebut sebelum tidur, maka anda akan bangun sebelum adzan subuh.

"SAYA (HABIB MUNDZIR) BERKALI-KALI MEMBERIKAN CARA DIATAS KEPADA BANYAK ORANG DAN MEREKA SEKARANG MENJADI AHLI SUBUH"

Semoga kita tetap menjadi Umat Nabi Muhammad SAW yang senantiasa istiqamah dalam melaksanakannya. Niscaya kita akan termasuk golongan orang-orang yang beruntung di dunia juga di akhirat kelak. InsyaAllah.

Semoga catatan dari kenangan (Alm) Al-Habib Mundzir Al-Musawa ini bermanfaat untuk kita semua mengamalkanNya. Amin Yaa Rabbal Aalamin.

ALLOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALAA AALIHII WASHOHBIHII WA UMMATIHII WASALLIM. 




Semoga Bermanfaat
Subscribe

0 komentar:

Posting Komentar