Kamis, 27 Juli 2017

KIBASILAH KASURMU SEBELUM TIDUR

ADAB SEBELUM TIDUR, KIBASILAH KASURMU SEBELUM TIDUR,
Sahabat, sudahkah kalian membiasakan diri untuk mengibaskan kasurnya dengan kain atau sarung sebelum kita menempatinya dan tidur di atasnya...?

Tentunya sambil mengucapkan Basmallah. Ternyata ada fakta ilmiah dibaliknya, yang tentu saja berefek pada kesehatan tubuh kita juga. Apakah ada rahasia lainnya yang berhubungan dengan alam ghaib mengenai hal ini...? Oleh sebab itu jangan sampai kita meremehkan sunnah Rasulullaah SAW yang satu ini sebelum tidur ya.

Pernahkah kalian merasakan ketindihan bayangan hitam dan seakan akan sulit bergerak dan bersuara ketika tidur...?.

Pastinya sebagian dari kita pernah mengalami hal serupa diatas, itulah mengapa dalam islam kita dianjurkan untuk membersihkan tempat tidur dahulu sebelum kita menidurinya. Terlebih bagi yang sedang singgah ke rumah orang, penginapan atau anak kost yang baru pulang dari kampung. Karena kita tidak tahu hal ghaib apa (syetan apa) yang sedang tidur diatas kasur tersebut. Maka jangan tanya kenapa bisa ketindihan bayangan hitam besar atau mimpi buruk.

Mari simak perkataan dari Al-Qursyi berikut :
حدثنا أبي، حدثنا هشيم بن إسماعيل بن أبي خالد عن قيس بن أبي حازم قال:
ما من فراش يكون في بيت مفروشا لا ينام عليه أحد إلا نام عليه الشيطان
“Tidak ada satu kasur pun yang tergelar didalam suatu rumah yang tidak ditiduri oleh manusia, kecuali SETAN AKAN TIDUR DI ATAS KASUR ITU…” (Akamul Marjan fi ahkamil Jaan hal.150).

Dan berdasarkan hadits dari Abu Hurairah R.a bahwasanya Rasulullah SAW bersabda :
إِذَا أَوَى أَحَدُكُمْ إِلَى فِرَاشِهِ فَلْيَنْفُضْ فِرَاشَهُ بِدَاخِلَةِ إِزَارِهِ فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي مَا خَلَفَهُ عَلَيْهِ
“Apabila salah seorang diantara kalian hendak tidur maka kibasilah tempat tidurnya dengan ujung sarungnya, karena sesungguhnya dia tidak tahu apa yang akan menimpa padanya”. (HR. Bukhari 6320 dan Muslim 2714).

Hadits lainnya sebagai tambahan:

"Bagi orang yang bangun dari tempat tidurnya kemudian kembali lagi, maka dianjurkan untuk mengibasinya kembali." (Sebagaimana hadits riwayat Tirmidzi. 3410, dishahihkan dalam Kalim Thoyyib: 3410).

Setidaknya ada dua alasan penting yang menyebabkan kita perlu mengibaskan kain sarung ke atas kasur yang akan kita tiduri tersebut:

1. Adanya KUMAN PENYAKIT yang hinggap di kasur, bantal, selimut dan guling yang kita gunakan.
Para Ilmuwan mengungkapkan bahwa setiap orang tidur di atas kasur, ada sel-sel mati di tubuhnya yang berjatuhan di kasur dan pada saat seseorang itu terjaga dari tidurnya sel-sel tersebut tinggal di kasur. Ketika orang tersebut kembali tidur namun tidak terlebih dahulu membersihkan kasur yang akan ditempati, kemungkinan besar ada kuman tak terlihat yang memakan sel-sel mati tersebut di atas kasur, selimut, dan bantal yang kita gunakan. Oleh sebab itu sangat penting untuk mengibas atas kasur terlebih dahulu untuk memastikan kuman tersebut hilang.

2. Adanya makhluk ghaib yang tidur di atas kasur tersebut, yakni Jin jahat atau Syetan
“Tidak ada satu kasur pun yg tergelar di dalam suatu rumah yg tidak ditiduri oleh manusia, kecuali SETAN AKAN TIDUR DI ATAS KASUR ITU…” (Akamul Marjan fi ahkamil Jaan hal.150)

Orang yang beriman pada yang ghaib pasti menyadari bahwa kita hidup bersama dengan makhluk ciptaan Allah lainnya yang tak kasat mata, oleh sebab itu melakukan sunnah mengibas-ngibaskan kasur dengan sarung sebelum tidur sambil membaca Basmallah, insya Allah bisa menghindarkan kita dari godaan syetan yang terkutuk.

Jangan lupa petunjuk Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam lainnya seperti Berwudhu dahulu sebelum tidur, baca ayat kursi, berdo’a, berdzikir dan perhatikan juga adab-adab tidur lainnya.

ALLOHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN WA ALAA AALIHI WASHOHBIHII WA UMMATIHI WASALLIM


Wallaahu a'lam.

Semoga Bermanfaat
Subscribe
 



0 komentar:

Posting Komentar